Tahukah Mama bahwa menggendong si kecil ternyata memiliki banyak manfaat, loh! Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggendong agar tetap aman dan nyaman baik bagi si kecil maupun Mama. Sekaligus Mamasewa.com akan memberikan beberapa jenis rekomendasi gendongan bayi yang dapat Mama pilih sesuai dengan kebutuhan.

Manfaat dari Menggendong Bayi

rekomendasi gendongan bayi
Photo by Joshua Rodriguez on Unsplash
  • Memberikan rasa nyaman dan mengurangi tangisan si kecil
  • Baik untuk mengembangkan kemampuan kognitif dan sosial
  • Mencegah bentuk kepala yang datar
  • Menstabilkan detak jantung dan suhu tubuh
  • Membuat tidur bayi lebih berkualitas
  • Memudahkan akses menyusui di tempat umum
  • Membangun kedekatan dengan si kecil dan menghindari gejala baby blues
  • Meningkatkan produksi asi
  • Sebagai sarana olahraga dan mengurangi berat badan bagi Mama

Jenis Rekomendasi Gendongan Bayi Sesuai dengan Umur dan Ukuran Bayi

1. Rekomendasi Gendongan Bayi Berbentuk Soft Wrap

Biasanya gendongan jenis soft wrap berbentuk kain panjang terbuat dari bahan campuran katun dan spandex. Rekomendasi gendongan bayi jenis ini digunakan dengan membungkus tubuh Mama terlebih dahulu kemudian disisakan tempat untuk meletakkan si kecil di dalamnya.

Gendongan berbentuk soft wrap cocok untuk bayi dengan usia muda karena menutup seluruh tubuh dan menghadap ke arah Mama. Posisi ini sangat nyaman dan hangat bagi si kecil. Mama dapat mempelajari berbagai cara mengikat gendongan jenis ini melalui video-video yang ada di youtube.

2. Jenis Gendongan Kain Jarik

Prinsip dari jenis gendongan yang satu ini hampir sama dengan yang sebelumnya. Hanya saja gendongan kain jarik menggunakan kain jarik atau jenis kain yang lebih kaku dan terstruktur sehingga jenis gendongan ini dapat digunakan untuk anak yang memiliki tubuh lebih besar.

3. Gendongan Bayi dengan Cincin Selempang

Gendongan ini terbuat dari kain tenun yang kokoh dan dilengkapi dengan cincin. Pemakaiannya dilakukan dengan meletakkan gendongan di salah satu bahu Mama kemudian membuka sedikit kain untuk menempatkan si kecil di dalamnya. Cincin pada gendongan ini berfungsi untuk menyesuaikan dan mengamankan posisi si kecil.

Gendongan bayi jenis cincin selempang memang sangat mudah digunakan namun juga memiliki kekurangan. Gendongan jenis ini memberikan beban yang tidak seimbang pada bahu Mama. Jika digunakan dalam jangka waktu yang lama maka Mama dapat merasa lelah.

4. Soft Carrier Termasuk dalam Rekomendasi Gendongan Bayi

Jenis gendongan soft carrier berbentuk lebih modern karena menggabungkan tali, gesper, dan bantalan untuk bisa disesuaikan dengan usia si kecil. Tentunya gendongan jenis ini terbuat dari bahan yang lembut dan nyaman digunakan.

Soft carrier memang sangat populer saat ini. Desainnya yang ergonomis juga membuat Mama tidak mudah lelah meski telah menggunakannya dalam waktu yang lama. Soft carrier memungkinkan Mama menggendong si kecil menghadap ke depan maupun ke belakang.

Mama bisa memilih dan mendapatkan berbagai jenis gendongan bayi dengan kualitas terbaik namun dengan harga yang terjangkau hanya di Mamasewa.com. Jaminan kebersihan, kemudahan dan keamanan semua lengkap tersedia untuk Mama maupun si kecil.

Tips Aman Menggendong Menggunakan Rekomendasi Gendongan Bayi

rekomendasi gendongan bayi
Photo by Hollie Santos on Unsplash

T = Tight. Pastikan gendongan bayi ketat dan kencang agar aman dalam menghindari jatuh secara tidak sengaja.

I = In view at all times. Usahakan agar wajah si kecil dapat terlihat oleh Mama untuk memastikan apakah pernapasan si kecil lancar. Hal ini juga dapat digunakan untuk memastikan kenyamanan si kecil selama berada di dalam gendongan.

C = Close enough to kiss. Atur posisi bayi agar bagian atas kepala dapat tercium ketika Mama menundukkan kepala.

K= Keep chin off chest. Jauhkan dagu dari dari Mama. Pastikan masih terdapat celah selebar dua jari orang dewasa di bawa dagu si kecil.

S = Supported back. Meski mengencangkan gendongan sangat penting, namun jangan mengaturnya terlalu kencang di bagian punggung si kecil. Pastikan gendongan cukup kencang dengan tidak menyisakan jarak antara tubuh si kecil dengan Mama tapi masih menyisakan ruang saat akan memasukkan tangan ke dalam gendongan.

Semoga berbagai informasi di atas dapat bermanfaat bagi Mama yang sedang mempertimbangkan berbagai rekomendasi gendongan bayi untuk si kecil. Meski kenyamanan si kecil adalah hal utama, namun Mama juga perlu memikirkan kenyamanan Mama sendiri saat menggendong si kecil dalam waktu yang lama. Jangan sampai momen yang berharga ini berubah menjadi celaka.

Berbagai perlengkapan terutama rekomendasi gendongan bayi dapat Mama dapatkan dengan mudah di Mamasewa.com. Tersedia segala jenis perlengkapan si kecil dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau. Mama akan lebih mudah memenuhi kebutuhan si kecil sesuai usia dengan perlengkapan yang ada di Mamasewa.com. Mama hebat, Mama hemat!

Leave a Reply