Produksi ASI Turun – Pernah merasa kebingungan saat produksi ASI menurun? Mungkin hal seperti ini tidak hanya mama saja yang mengalaminya! ASI yang biasanya berlimpah, mendadak mengalami penurunan hanya dalam hitungan waktu yang singkat. Benarkah produksi ASI mengalami penyusutan dalam waktu yang cepat? Tentu saja bisa!

Pada dasarnya, produksi ASI tidak akan bisa konsisten. Biasanya, kondisi seperti ini akan membuat para ibu menjadi khawatir. Sebagian besar mama yang menyusui memang akan memiliki kekhawatiran seperti ini di beberapa fase. Misalkan, saat hari pertama setelah kelahiran sebelum ASI ataupun ketika si kecil berusia tiga atau empat minggu dan mulai sering menyusui

Lalu, apa sih sebenarnya penyebab dari produksi ASI turun secara signifikan di masa si kecil menyusui? 

Terlalu Cemas ataupun Stres Berkepanjangan

produksi asi turun
Photo by Molnár Bálint on Unsplash

Faktor utama yang dapat menyebabkan produksi ASI turun adalah rasa cemas dan stres berkepanjangan yang dialami oleh seorang ibu. Dua hal ini dapat memberikan pengaruh yang besar pada pasokan ASI lho, Mam! Terutama, di beberapa minggu pertama setelah melahirkan si kecil.

Biasanya, hal ini disebabkan karena kurangnya istirahat dan kondisi dimana mam sedang menyesuaikan dengan jadwal sang bayi. Selain itu, peningkatan kadar hormon seperti kortisol dapat mengurangi suplai ASI. Hormon kortisol dikenal sebagai hormon stres, karena hormon ini akan diproduksi lebih banyak saat tubuh mengalami stres.

Kurangnya Konsumsi Makanan Ataupun Minuman

produksi asi turun
Photo by HONG FENG on Unsplash

Pasca melahirkan, tidak sedikit dari Mama yang ingin tubuhnya kembali normal bukan? Memang, hal ini akan menggoda para mama untuk bisa melakukan diet secara ketat demi mendapatkan tubuh yang ideal seperti sedia kala. Namun, hal penting yang harus diperhatikan adalah untuk tidak melakukan diet secara ekstrem.

Diet ekstrem yang dilakukan dengan sangat membatasi konsumsi makanan, hanya akan membuat produksi ASI menjadi terhambat. Jika mam tertarik untuk melakukan diet di masa menyusui saat ini, mam bisa mengonsumsi makanan sehat yang cukup dengan mengisi kembali 500 kalori yang terbakar karena menyusui setiap hari. Mama juga bisa kok mengonsumsi camilan sehat untuk menutup celah kalori.

Sakit

produksi asi turun
Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Tidak dapat dipungkiri, saat tubuh dalam kondisi sedang tidak baik akan menyebabkan penurunan di beberapa area termasuk dalam produksi ASI. Gejala seperti kelelahan, diare, muntah, atau nafsu makan menurun biasanya akan mengurangi persediaan ASI yang akan dihasilkan. 

Mengonsumsi Obat 

produksi asi turun
Photo by Christina Victoria Craft on Unsplash

Mengonsumsi obat-obatan menjadi salah satu penyebab produksi ASI turun lho mam! Hal ini dikarenakan ada beberapa jenis obat yang dapat membuat produksi ASI berkurang. Salah satunya seperti pil KB serta obat demam dan alergi yang mengandung pseudoephedrine. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari untuk mengonsumsi obat-obatan selama masa menyusui ya, Mam!

Pemberian Susu Formula

produksi asi turun
Photo by Nikolai Chernichenko on Unsplash

Di masa menyusui si kecil, sebisa mungkin untuk menghindari pemberian susu formula untuk si kecil kecuali jika mendapat saran dari dokter. Pemberian susu formula akan memicu si kecil lebih jarang untuk mengonsumsi ASI. Jika memungkinkan, pastikan Mama selalu memberikan ASI secara teratur untuk si kecil ya!

Selain berbagai faktor penyebab di atas, pasokan ASI yang berkurang juga dapat dialami ketika Mama pernah menjalani operasi payudara, memiliki berat badan berlebih atau obesitas, mengalami perdarahan setelah melahirkan, diabetes ataupun hipertensi saat hamil. Biasanya di kondisi ini, bahaya tidak akan dirasakan secara langsung oleh si kecil. 

Namun, kondisi ini tidak boleh dihiraukan atau dibiarkan dalam waktu yang lama ya, Mam! Karena bisa jadi, si kecil akan mengalami kekurangan gizi terutama di saat sang buah hati masih berusia 6 bulan ke bawah.

Lalu, bagaimana sih cara memperbanyak produksi ASI agar kebutuhan nutrisi si kecil dapat terpenuhi dengan baik?

Selalu Terapkan Pola Hidup Sehat

Selama masa menyusui, usahakan untuk selalu memperbanyak konsumsi air putih dan makanan sehat yang kaya akan vitamin dan nutrisi. Selain membantu untuk mengatasi produksi ASI turun, konsumsi yang sehat juga membantu si kecil untuk memenuhi asupan nutrisi dengan baik. Apa saja sih makanan sehat yang bisa dikonsumsi oleh Mama?

  1. Oatmeal, makanan satu ini mengandung banyak zat besi yang baik untuk produksi ASI.
  2. Bawang putih, memiliki kandungan senyawa galactagogue yang bisa memperbanyak ASI.
  3. Berbagai jenis sayuran seperti wortel, ubi, bayam, brokoli, daun katuk. Deretan sayuran ini memiliki senyawa khusus yang dapat membantu memperbanyak ASI.
  4. Biji wijen, mengandung mineral kalsium yang baik untuk memperbanyak produksi ASI serta menunjang pertumbuhan tulang dan gigi si kecil.

Makanan lainnya yang layak untuk dikonsumsi oleh mam antara lain kacang atau susu almond dan buah pepaya yang dapat membantu memperlancar persediaan ASI. Perlu diperhatikan, selama menyusui usahakan untuk tidak merokok dan mengonsumsi minuman keras yang dapat menyebabkan kualitas dan produksi ASI menjadi kurang baik.

Rutin Memompa ASI

Rutin memompa ASI dapat membantu mam mendapatkan ASI secara berlimpah. Karena pada saat payudara dalam keadaan kosong, ASI dapat terisi kembali dengan baik. Tidak perlu kesusahan untuk melakukan kegiatan ini, karena mam bisa memompa ASI kapan saja dan di mana saja. Jika produksi ASI terlalu penuh, mam bisa memompa dan menerapkan cara menyimpan ASI sebagai persediaan. Bagi mam yang sering berkegiatan, buatlah jadwal secara rutin untuk memompa ASI.

Selain untuk membantu meningkatkan produksi ASI, pemilihan pompa ASI yang tepat juga perlu menjadi perhatian untuk mam. Namun tidak perlu khawatir untuk mendapatkan pompa ASI yang tepat dan sesuai kebutuhan. Karena semuanya ini bisa mam dapatkan di Mamasewa!

Pilihan pompa ASI yang tepat dengan kualitas yang terbaik dapat mam pilih sesuai dengan kebutuhan. Pastinya tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam untuk mendapatkan perlengkapan ini, karena mama tetap bisa menyewanya sesuai dengan durasi waktu yang diinginkan. Menariknya lagi, pompa ASI yang tersedia di Mamasewa berasal dari berbagai merek ternama yang sudah teruji secara kualitas. Oke banget kan?

Jadi, sudah tidak sabar untuk melihat berbagai perlengkapan pompa ASI yang tersedia di Mamasewa? Yuk buruan cek segera disini!

Tinggalkan Balasan