Perlukah Mama beli box bayi? Menanti kelahiran sang buah hati memang sangat membahagiakan, karena setelah penantian panjang akhirnya Mama bisa menyapa langsung sang buah hati tercinta. Sembari menunggu kelahiran sang buah hati, biasanya Mama dan Papa antusias dalam memborong berbagai kebutuhan untuknya, termasuk membeli box bayi.

Tapi apakah Mama dan Papa sudah tahu kegunaan bix bayi yang sesungguhnya? Apakah bayi akan lebih nyaman tidur sendiri di boxnya, atau mungkin lebih aman kalau tidur seranjang dengan orang tuanya?

Ini adalah hal-hal yang perlu dipertimbangkan oleh Mama dan Papa sebelum memutuskan akan membeli box bayi atau tidak. Simak ulasannya ya, Mam!

Kelebihan Membeli Box Bayi

perlukah beli box bayi
Photo by Peter Oslanec on Unsplash

Biasanya, para Mama dan Papa di luar sana membeli box bayi karena tahu manfaat dari penggunaannya untuk si Bayi. Bagi mereka, memilih box bayi memberikan berbagai dampak positif untuk si Bayi, seperti:

1. Ternyata, Tidur Terpisah dapat Menjamin Keamanan Sang Buah Hati. Perlukah Beli Box Bayi?

Pernah ada suatu kasus di mana bayi dari sepasang Mama dan Papa meninggal lantaran ketiban guling, sehingga membuatnya sesak dan tidak bisa bernapas. Nah, dengan membeli box bayi, Mama dapat memastikan keamanan dan kenyamanan si Bayi serta mencegah hal serupa.

2. Melatih Kemandirian Sang Buah Hati

Tak khayal membiasakan si Bayi tidur di ranjang terpisah dapat menumbuh kembangkan dirinya  menjadi anak yang mandiri. Dengan melatih sang buah hati tidur terpisah sejak dini, Mama bisa membuatnya lebih cepat dewasa dari yang seharusnya.

3. Memberikan Rasa Aman untuk Mama dan Papa

Tak dimungkiri, adanya box bayi dapat membuat Mama dan Papa merasa nyaman, lantaran pagar penghalang pada box bayi mampu menghalangi bayi terjatuh darinya. Dengan kehadiran box bayi, Mama tidak perlu lagi khawatir meninggalkan sang buah hati barang 1-2 menit untuk menyelesaikan pekerjaan rumah.  

4. Mencegah terjadinya Sudden Infant Death Syndrome (SIDS) pada diri sang buah hati

SIDS merupakan kematian mendadak pada bayi yang sedang tidur bersama orang tuanya. Kematian ini menyerang  1 dari 100.000 bayi berumur di bawah 1 tahun, dan berpotensi lebih tinggi apabila Mama merokok pada masa kehamilan atau pasca kehamilan. 

Selain kondisi ibu merokok, faktor pada diri bayi itu sendiri juga meningkatkan potensi si bayi terkena SIDS, seperti mengenakan baju sempit pada bayi sehingga kesulitan bernapas, atau karena tempat tidur bayi yang begitu keras.

Dengan menidurkan bayi di atas box bayi, Mama bisa mencegah bayi dari tekanan udara yang dapat menghalangi ritme pernapasannya. Karena, box bayi pada umumnya menggunakan sprei dan perlak. Lembut dan tidak menambah beban pada tubuh si Bayi.

Harga dari box bayi juga menurut saya bukan barang murah dan ukurannya lumayan memakan tempat, jadi tidak semua orang bisa memilikinya. Kalau rumahnya sudah penuh dengan barang nanti mau ditaruh mana si box bayi.

Perlukah Membeli Box Bayi? Coba Cek Kekurangannya Dulu

Perlukah beli box bayi
Photo by Ádám Szabó on Unsplash

Kendati banyak manfaat pada box bayi, ada beberapa hal lain yang perlu dipertimbangkan oleh Mama tatkala mau membelinya. Pertama, Mama perlu memperhatikan rencana Mama dalam membesarkan sang buah hati. 

Apakah Mama ingin mengajarkan si kecil mandiri sejak usia dini? Apakah Mama tidak tega melihatnya menangis seru di tengah malam? Atau, apakah Mama sudah mempertimbangkan, kalau membeli box bayi berarti Mama siap untuk bulak-balik menyusui si kecil?

Kedua, Mama juga perlu memperhatikan kalau masa penggunaan box bayi tidaklah lama, paling lama kurang lebih 1 tahun. Setelah beranjak di usia batita, biasanya si kecil telah aktif bergerak. 

Sehingga, masa penggunaan box bayi ini menjadi pertimbangan utama Mama dalam membelinya. Karena tidak semua orang bisa memilih box bayi, mengingat harganya tidaklah murah dan ukurannya cukup memakan tempat di rumah.

Jadi, sebaiknya bagaimana? Perlukah Mama Beli Box Bayi?

Perlukah beli box bayi
www,mamasewa.com

Menggunakan box bayi dapat memberikan berbagai manfaat pada diri si kecil, mulai dari menjamin keamanan dan kenyamanan pada dirinya, menjaga kesehatan dirinya, serta menghindarkan si bayi terkena resiko SIDS. Terlebih, mengingat ranjang di box bayi empuk dan tidak membebani tubuh si Bayi.

Mama bisa mendapatkan box bayi tepat guna di Mamasewa.com. Di sini, terdapat berbagai pilihan box bayi dengan keamanan dan kenyamanan tinggi, seperti BabyElle Cloud BE 909 – Dark Grey, misalnya.

Harga pembelian box bayi seperti ini mencapai Rp 2 juta, namun dengan menyewanya, Mama bisa lebih cerdas dalam mengelola keuangan keuangan keluarga. Mama pun tidak perlu khawatir dampak box bayi terhadap kesehatan si bayi, karena box bayi ini bersih dan higienis. 

Semoga artikel ini dapat memberikan pertimbangan lebih ketika Mama dan Papa hendak menggunakan box bayi, ya! Selamat menyambut kelahiran sang buah hati, Mam!

Tinggalkan Balasan