Berlibur tentu saja merupakan kegiatan menyenangkan yang bisa mengobati kejenuhan dari rutinitas. Terlebih, jika liburan tersebut dilakukan bersama keluarga. Namun, perlengkapan wajib bawa saat berlibur bersama anak di bawah tiga tahun apa saja ya, Mam?

Jawaban tersebut tentu saja tergantung dari tempat liburan mana yang Mam pilih untuk berlibur ya. Lalu kapan Mam akan berlibur bersama si kecil dan keluarga.

Nah, supaya tidak bingung sih, Mam bisa nih menyimak penjelasan berikut mengenai 7 perlengkapan wajib bawa saat berlibur bersama batita. Ketujuh perlengkapan ini adalah perlengkapan umum yang bisa menyesuaikan dengan waktu dan tempat berlibur.

Tidak usah berlama-lama, yuk langsung simak saja penjelasan mengenai perlengkapan wajib bawa saat berlibur berikut, Mam!

1. Pakaian yang Hangat

Jika berlibur yang Mam rencanakan memakan waktu beberapa hari, tentu saja Mam harus membawa beberapa baju yang dibutuhkan si kecil. Baju-baju yang menghangatkan akan diperlukan, tidak hanya ketika waktu liburan saat musim hujan atau dingin.

Bawalah baju yang memang membuat si kecil nyaman dan hangat, terlebih ketika memang akan melakukan perjalanan saat malam hari karena angin yang berembus akan lebih kencang dan membuat si kecil kedinginan.

Selain pakaian, Mam juga harus membawa selimut nih. Sebab, biasanya selimut yang disediakan penginapan tidak sesuai dengan kebutuhan si kecil sehingga akan membuatnya tidak nyaman. Dan tentu saja, jangan lupa membawa jaket si kecil ya, Mam.

2. Popok sesuai Kebutuhan

Perlengkapan wajib bawa saat berlibur selanjutnya adalah popok! Anak-anak berumur di atas 2 tahun memang sudah terbiasa untuk pipis dan pup di toilet. Namun, tidak ada salahnya loh, Mam, untuk membawa popok karena biasanya perjalanan akan membutuhkan waktu lama sehingga susah untuk sering mampir ke toilet umum.

Jadi, saat si kecil menggunakan popok bisa lebih mudah dan nyaman dalam perjalanan. Namun, tentu saja harus sering-sering diganti ya, Mam, supaya kulit si kecil tidak iritasi.

3. Obat yang Dibutuhkan

Sebagai persiapan awal Mam harus nih membawa obat yang memang biasa digunakan oleh si kecil. Persiapan obat pribadi ini sangat wajib dilakukan karena tentu saja, udara di rumah dan tempat berlibur akan berbeda. Terlebih jika memang Mam memilih waktu saat musim hujan atau musim dingin untuk berlibur.

Nah, jaga-jaga jika mungkin saja si kecil demam, pilek, atau batuk ketika di tempat berlibur, Mam sudah memiliki persediaan obat yang aman deh untuk dikonsumsi oleh si kecil.

4. Perlengkapan Mandi

Jika memang Mam ingin berlibur selama beberapa hari di luar kota atau bahkan luar negeri dengan menginap si hotel, jangan sekali-sekali deh mengandalkan perlengkapan mandi hotel. Hal ini dikarenakan jenis sabun, sampo, pasta gigi, hingga sikat gigi yang mereka sediakan adalah untuk umum, biasanya sih untuk dewasa.

Nah, Mam harus membawa perlengkapan mandi si kecil sendiri nih supaya lebih aman untuk kulit di kecil.

5. Mainan Kesayangan si Kecil

perlengkapan wajib bawa saat berlibur
Photo by zelle duda on Unsplash

Mainan kesayangan anak tentu saja menjadi kunci utama untuk menenangkan si kecil saat dia rewel. Biasanya sih, anak-anak tidak cepat beradaptasi dengan lingkungan baru sehingga wajar jika dia rewel hingga tantrum.

Nah, mainan kesayangan dia bisa menyelamatkan deh karena dia merasa familiar dengan mainan tersebut sehingga kembali merasa nyaman.

6.  Cemilan Sehat

Perlengkapan wajib bawa saat berlibur selanjutnya adalah cemilan. Nah, membeli cemilan untuk anak, terlebih anak di bawah tiga tahun, tentu saja tidak boleh sembarangan. Cemilan seperti biskuit sehat harus sangat diperlukan untuk mengganjal perut si kecil selagi menunggu jam makan yang direncanakan.

7. Stroller dan Alat Gendong yang Nyaman

perlengkapan wajib bawa saat berlibur
stroller product on mamasewa.com

Anak-anak tidak mungkin kan menurut dan tahan untuk diajak berjalan lama dan jauh selama berlibur? Nah, Mam harus menggendong mereka, apalagi saat mereka rewet karena merasa kelelahan dan tidak nyaman dengan lingkungan baru. Stroller dan alat gendong menjadi perlengkapan wajib bawa saat berlibur nih, Mam.

Jadi, Mam sangat perlu untuk membawa stroller dan alat gendong yang nyaman nih. Tidak perlu beli baru dong karena Mam bisa menyewanya di Mamasewa.com. Tidak perlu khawatir, menyewa stroller di mamasewa akan terjamin kualitasnya. Harganya pun tidak akan menguras kantong.

Nah, dengan menyewa stroller, Mam akan lebih hemat biaya dan bisa mendapatkan kualitas dari merk stroller yang bagus, tidak kaleng-kaleng. Terlebih, dengan menyewa stroller, Mam lebih hemat ruang karena setelah tidak membutuhkannya, Mam tinggal mengembalikan ke tempat sewa deh.

Itulah 7 perlengkapan wajib bawa saat berlibur yang Mam harus perhatikan. Dengan ketujuh perlengkapan itu, diharapkan sih Mam sudah all prepared sehingga tidak akan lagi kerepotan dalam mengurus si kecil dalam perjalanan berlibur. Yang pasti, di antara hal tersebut, satu hal lagi yang perlu Mam persiapkan dengan baik ya, yaitu kesehatan Mam sendiri. Setuju?

Tinggalkan Balasan