Selain rasa deg-degan yang tak keruan saat si baby akan lahir, perasaan bahagia juga dirasakan Mam, kan? Sebab, ketika HPL sudah dekat, pasti Mam sangat semangat untuk mencari perlengkapan newborn yang harus dibeli, kan? Terlebih ketika itu anak pertama, pasti semangatnya berkali-kali lipat deh.

Apa sih memangnya perlengkapan newborn yang harus dibeli? Berikut ulasannya yang bisa Mam baca untuk dijadikan referensi ya, Mam. Dengan tahu apa saja barang penting yang harus dibeli, Mam akan terhindar dari pembelian barang yang tidak penting ya! Yuk, langsung simak saja!

1. Pakaian sudah pasti jadi urutan pertama perlengkapan newborn yang harus dibeli

perlengkapan newborn yang harus dibeli
A photo by Gabriel Tovar on Unsplash

Kebutuhan manusia yang utama ada 3, yaitu papan, pangan, dan sandang. Bagi seorang bayi pun begitu ya, Mam. Saat pangan dan papa sudah ada secara alami dari orang tuanya, kebutulan lain yang harus dibeli saat bayi baru lahir adalah sandang.

Nah, Mam juga harus memperhatikan nih jenis pakaian yang mesti dibeli juga. Beberapa jenis pakaian seperti piyama dengan kanding depan dan sambil di bagian celama, kemeja kancing depan atau bahu, hingga pakaian two pieces.

Jumlah pakaian juga harus disesuaikan dengan kebutuhan ya, Mam. Jangan sampai kekurangan. Karena dia masih bayi, untuk urusan pup, pipis, hingga muntah tidak bisa dia kendalikan jadi bisa saja akan membutuhkan banyak pakaian karena harus sering ganti agar tetap nyaman dan higienis.

2. Perlengkapan mandi si kecil

Perlengkapan newborn yang harus dibeli selanjutnya adalah perlengkapan mandi. Peralatan seperti bak mandi, handuk kecil yang super halus, kain lap lembut, serta sabun, sampo, dan losion bayi adalah hal wajib yang harus dibeli.

3. Bedong bayi

Bedong bayi diperlukan untuk membuat badan bayi terasa hangat dan agar tubuh bayi tetap terjaga bentuknya. Mam bisa membeli kain bedong yang lurus lalu membentuk bedongan sendiri. Namun, harus ingat ya, Mam, bentuk bedongnya harus kencang agar si bayi hangat.

Jika memang dirasa agak merepotkan, Mam bisa kok membeli bedong bayi instan. Jadi, Mam, tidak memakaian kepada bayi deh. Lebih praktis dan tidak memakan waktu dengan fungsi yang sama.

4. Perlengkapan kamar bayi

perlengkapan newborn yang harus dibeli
A photo Omurden Cengiz on Unsplash

Mungkin, ketika baru lahir, bayi harus tidur dengan ibunya supaya ketika tengah malam terbangun karena lapar, bayi bisa langsung digendong untuk diberi ASI. Namun, setelah bayi berumur hampir dua tahun, tentu saja sudah mulai dibiasakan tidur sendiri ya, Mam.

Nah, perlengkapan kamar seperti tempat tidur dengan sisi tinggi, kasur yang nyaman, bantal tidur, bantal guling, hingga selimut yang hangat akan sangat dibutuhkan. Bahkan, perlengkapan seperti meja ganti popok hingga boks mainan juga dibutuhkan agar kamar bayi tetap terjaga kerapian dan kebersihannya ya, Mam.

5. Persediaan popok

perlengkapan newborn yang harus dibeli
A photo by Mon Petit Chou on Unsplash

Persediaan popok adalah perlengkapan newborn yang harus dibeli dan memakan banyak budget. Hal ini dikarenakan bayi memang sering pup dan pipis sehingga popop harus lekas diganti agar tidak timbul ruam di tubuhnya, Mam.

6. Alat kesehatan bayi

Alat-alat kesehatan seperti termometer, gunting kuku, kain kasa steril, hingga perlengkapan pertolongan pertama harus dimiliki ya, Mam. Semua itu untuk berjaga-jaga siapa tahu si bayi ada terluka sehingga langsung diberi pertolongan pertama dengan cepat.

7. Pelembab ruangan alias humidifier

Pelembab ruangan diperlukan di kamar agar bayi tetap merasa nyaman. Kulit bayi masih sensitif sehingga ketika terkena debu dengan intensitas yang tinggi bisa saja menimbulkan ruam di tubuhnya.

Bayi juga biasanya mudah terkena flu sehingga mudah memiliki ingus. Saat bayi ingusan, otomatis Mam harus sering membersihkan hidunya bukan. Nah, pelembab ruangan ini akan membuat kulit hidup bayi tetap lembab dan bersih sehingga tidak kering dan pecah-pecah.

Itulah 7 perlengkapan newborn yang harus dibeli. Dari ketujuh tersebut, mana nih yang paling semangat untuk Mama beli? Hmm? Kurang? Tidak ada alat menyusui dan stroller serta carseat?

Nah, kalau ketika barang itu, Mam tidak perlu beli. Alat-alat tersebut adalah alat yang bisa dipakai berkali-kali padahal masa tumbuh bayi itu cepat loh, Mam. Saat peralatan tersebut sudah tidak digunakan, pasti hanya akan disimpan, kan? Iya kalau penyimpanannya benar sehingga bisa awet, kalau salah bisa-bisa peralatan tersebut berjamur lalu rusak deh. Mubazir banget. Penyimpananya juga makan tempat.

Ada solusi, Mam, untuk menyelesaikan permasalah itu. Solusinya adalah dengan menyewanya di Mamasewa.com. Di sana banyak banget perlengkapan newborn yang membantu ibu baru melahirkan. Dengan menyewa, Mam bisa berhemat tempat. Manfaatnya juga akan saling silang sehingga lebih berguna deh.

Ah, tidak hanya perlengkapan-perlengkapan newborn kok, Mam. Mam juga bisa menyewa mainan-mainan besar yang memang hanya diinginkan si kecil lalu saat bosan ditinggal deh. Nah, saat si kecil bosan, Mam tinggal mengembalikan ke tempatnya deh. Simpel banget kan, Mam?

Tinggalkan Balasan