Perawatan Pompa ASI – Pompa ASI menjadi salah satu perlengkapan penting yang dibutuhkan oleh ibu menyusui. Benda yang terkenal sebagai breast pump ini memudahkan mam untuk bisa memompa ASI bahkan di saat sedang sibuk bekerja. Tentu saja, tersedia 2 pilihan pompa ASI yang bisa mam pilih sesuai kebutuhan mulai dari manual hingga elektrik.

Pada dasarnya, kedua pompa ini sama-sama memberikan manfaat yang hampir mirip kok! Pastinya sama-sama untuk membantu produksi ASI agar dapat terpenuhi untuk si kecil. Namun, meskipun sama-sama berbentuk pompa keduanya tetap membutuhkan perawatan lho! Karena jika tidak, ada berbagai kuman penyakit yang siap mengintai. Pastinya, hal ini akan membahayakan si kecil.

Lalu, gimana sih cara perawatan pompa ASI yang baik dan benar agar tetap steril? Yuk disimak tahapan lengkapnya berikut ini

1. Ikuti Buku Panduan yang Ada

perawatan pompa asi
Photo by Sarah Noltner on Unsplash

Setiap perawatan pompa ASI biasanya memiliki yang berbeda-beda. Biasanya perangkat yang terdapat pada masing-masing pompa ASI memiliki bagiannya tersendiri yang harus diperhatikan. Karena pada bagian tersebut menjadi area yang wajib untuk dibersihkan. Namun jangan lupa sebelum membersihkan area tersebut, Mam perlu membaca buku petunjuk yang terdapat pada produk tersebut agar bisa lebih memahami dengan baik.

2. Bersihkan Setelah Penggunaan

perawatan pompa asi
Photo by Nathan Dumlao on Unsplash

Perawatan pompa ASI berikutnya yang penting untuk Mama lakukan adalah membersihkannya tersebut setelah digunakan. Usahakan untuk mencuci segera bagian pompa yang berhubungan langsung tersentuh di bagian payudara dan ASI. Pastikan Mama mencucinya menggunakan sabun khusus, dan bilas dengan air bersih yang mengalir ya!

Hal penting yang perlu mam perhatikan, usahakan untuk tidak merendam bagian pompa ASI dengan alat makan lain. Ini dikarenakan, pompa ASI akan mudah terkontaminasi dengan kuman lainnya yang ada di berbagai alat makan. Jadi, usahakan untuk pompa ASI dibersihkan secara terpisah ya Mam!

3. Sterilisasi

perawatan pompa asi
Photo by Clay Banks on Unsplash

Sterilisasi merupakan salah satu tindakan yang bertujuan agar kuman yang menempel di bagian permukaan pompa ASI dapat hilang. Namun sebelum melakukan sterilisasi, pastikan mam memeriksa berbagai sisi pompa ASI yang dimiliki apakah perlengkapan kotor atau berjamur selama penyimpanan. 

Jika pada bagian kondisi tabung berjamur, Mam bisa membuang dan wajib menggantinya segera. Proses pensterilan pompa ASI ini pun juga mudah. Mam bisa melakukannya dengan cara merendam dengan air panas atau menggunakan alat sterilizer yang tersedia.

4. Gunakan Sikat Khusus

perawatan pompa asi
Photo by Artem Makarov on Unsplash

Untuk membersihkan pompa ASI, Mam juga perlu memperhatikan penggunaan sikat yang tepat. Meskipun simple, namun menggunakan sikat yang tidak tepat dapat membuat perlengkapan ASI semakin mudah rusak. Oleh karena, hindari menggunakan sikat, spons atau alat lain yang berbentuk tajam untuk membersihkan pompa ASI.

Khusus untuk perangkat valve, mam bisa cukup mencucinya dengan menggunakan tangan. Bagian pompa yang sudah dicuci, usahakan untuk segera dikeringkan menggunakan handuk atau tisu lembut yang bersih. Hal ini dilakukan untuk memastikan pompa ASI benar-benar bersih dari kuman berbahaya. Jangan lupa juga, untuk menyimpan kembali pompa ASI di tempat yang kering dan bersih ya mam! 

Hal Penting Lainnya Yang Harus Diperhatikan!

Saat ingin memilih pompa ASI yang tepat untuk Mama, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan lho! Jangan sampai salah memilih pompa ASI, malah membuat Mama jadi kerepotan. Kira-kira apa saja? Yuk disimak, Mam!

1. Perhatikan Durasi Pemakaian dan Penggunaannya

Jika Mama termasuk salah satu pekerja aktif, pompa elektrik dengan pompa ganda menjadi solusi yang tepat untuk mam. Karena dengan pompa ini, Mam bisa memproduksi ASI secara cepat dan bersamaan di kedua sisi sekaligus. Namun, jika Mama bukan pekerja aktif yang harus lebih banyak menghabiskan waktu dengan bekerja, Mama bisa pompa ASI elektrik dengan pompa tunggal atau pompa ASI manual sebagai kebutuhan.

Selain itu, Mam juga perlu mempelajari cara penggunaan dari merek pompa ASI yang nantinya akan dibeli. Termasuk cara saat ingin membersihkannya. Jangan sampai pompa ASI yang nantinya akan dibeli, sulit untuk dibersihkan ataupun susah untuk dibawa ke mana-mana.

2. Cek Harga pompa ASI yang Diinginkan

Hal penting terakhir yang tidak boleh kelewatan untuk mam lakukan sebelum memutuskan untuk membeli pompa ASI adalah memastikan harga. Setiap pompa ASI memiliki standarisasi yang sesuai dengan kemampuan dan kualitasnya. Tidak heran, jika Mam bisa menemukan pompa ASI dengan harga yang lumayan menguras kantong.

Oleh karena itu, jika Mama tertarik untuk membelinya pastikan pompa ASI tersebut memiliki harga terjangkau dengan kualitas yang baik. Memang, biasanya pompa ASI elektrik cenderung memiliki harga yang lebih mahal ketimbang pompa ASI manual

Namun Mama tidak perlu khawatir lagi jika ingin mendapatkan pompa ASI elektrik dengan harga yang mahal. Karena semuanya ini bisa Mama dapatkan di Mamasewa. Menariknya, disini Mama tidak perlu membeli peralatan pompa ASI yang disukai dengan harga yang mahal. Karena, mam bisa menyewanya sesuai kebutuhan! 

Pastinya pilihan pompa ASI yang terdapat di Mamasewa telah teruji secara kualitas dan aman untuk digunakan. Durasi pinjamannya pun dapat disesuaikan dengan kebutuhan mam dan dapat diganti sesuai dengan pilihan pompa ASI lainnya. Penasaran? Yuk langsung cek sekarang juga disini!

One thought on “Ini Dia 4 Langkah Perawatan Pompa ASI yang Bisa Dilakukan di Rumah!

Tinggalkan Balasan