Peralatan Wajib Bayi Baru Lahir – Bagi ibu hamil yang sudah mendekati due date persalinan, mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan calon bayi memang menyenangkan untuk dilakukan. Tidak sedikit dari ibu hamil yang sering berburu  perlengkapan baju bayi yang lucu – lucu. Apalagi kalau ini adalah pengalaman pertama buat mama.

Tapi, apakah mama termasuk salah satu ibu yang bingung dengan persiapan untuk lahirnya si kecil nanti? Karena tentu saja tidak semua barang yang mama lihat di baby store perlu dibeli. Oleh karena itu, 8 list peralatan wajib bayi baru lahir ini bisa mama catat dan mulai persiapkan saat menyambut calon bayi. Check this out!

1. Baju bayi

peralatan bayi baru lahir
http://unsplash.com

Peralatan wajib bayi baru lahir yang pertama kali bisa mama persiapkan adalah baju bayi. Jenis baju yang cocok buat bayi baru lahir juga perlu diperhatikan, seperti untuk bayi yang baru lahir disarankan untuk menggunakan baju yang berkancing depan untuk memudahkan mama memakaikan atau melepas baju tersebut. Mama bisa menyediakan setidaknya masing-masing 6 buah baju lengan panjang, pendek, celana panjang, pendek, atau yang sering jadi favorit adalah model jumper atau terusan yang praktis.

Selain itu karena kulit bayi baru lahir yang lembut dan sensitif, penting juga untuk memperhatikan kualitas bahan baju supaya agar bayi tetap nyaman tanpa menyebabkan iritasi dan alergi. Sebaiknya, pilih baju dari bahan 100% katun yang merupakan material paling lembut dan aman buat kulit bayi.

2. Popok dan perlengkapannya

Penggunaan popok biasanya akan lebih ekstra dibandingkan dengan baju. Setidaknya dibutuhkan 70-90 popok setiap minggunya untuk si kecil gunakan setiap hari. Oleh karena itu, pastikan mama sudah cukup persiapkan kebutuhan ini. Mengingat kulit bayi yang masih sensitif, pemilihan jenis bahan popok juga perlu diperhatikan. Mama bisa menyediakan yang berbahan kain atau yang modelnya sekali pakai dengan kualitas terbaik.

Popok sekali pakai juga bisa menjadi pilihan karena akan lebih praktis, khususnya saat bepergian. Popok sekali pakai juga sangat mudah dipakaikan kepada sang buah hati dan tersedia dalam beberapa ukuran yang disesuaikan dengan berat badan.

3. Peralatan mandi

peralatan wajib bayi baru lahir
http://unsplash.com

Hal pertama yang dibutuhkan sebagai perlengkapan mandi untuk si kecil nantinya adalah bak mandi. Sebagai perlengkapan bayi yang baru lahir lainnya juga perlu disiapkan adalah beberapa handuk dan lap mandi yang berbahan lembut dan antibakteri, gunting kuku, baby oil, baby wipes, minyak telon juga sabun dan shampoo bayi.

Saat memilih sabun atau shampo bayi, sebaiknya pilih yang bebas pewangi. Karena jenis sabun yang memiliki aroma biasanya bisa menimbulkan reaksi pada kulit bayi yang masih sensitif. Selain itu, pilih juga yang punya kandungan pelembab dan tidak perih di mata ya!

4. Perlengkapan menyusui

Apapun pilihan mama baik direct breastfeeding atau bottle feeding, segala sesuatu kebutuhan ini perlu dipersiapkan. Seperti botol untuk menyusui yang sudah BPA Free, alat pompa ASI, hingga wadah untuk menyimpan ASIP baik yang berupa botol atau kantong. Kebutuhan ini juga harus didukung dengan alat pemanas steril yang akan menjaga kebersihan botol-botol susu yang nantinya mama gunakan.

Karena biasanya bayi yang baru lahir akan sering mengalami gumoh akibat proses metabolisme dalam pencernaannya yang belum lancar, mama juga perlu menyiapkan kain kecil untuk membersihkan sisa susu tersebut.

5. Alas kedap air

Perlak atau alas kedap air merupakan peralatan wajib bayi baru lahir yang nantinya kana mama perlukan saat memandikan bayi. Selain untuk mandi, mama juga membutuhkan perlak sebagai alas untuk mengganti popok sehingga tidak membasahi sprei atau kasur tempat tidur.

6. Sarung tangan dan kaus kaki

Saat bayi berada di dalam perut Ibu, bayi terbiasa dengan suasana yang hangat. Nah, situasi ini pula yang dibutuhkan bayi ketika baru lahir di dunia. Setidaknya si kecil membutuhkan penyesuaian dengan tingkat suhu yang akan mengalami perbedaan. Nah buat menjaganya tetap hangat, selain kain bedong dan selimut, penggunaan sarung tangan dan kaus kaki juga disarankan. Apalagi jika mama akan membawa bayi kamu bepergian, meski hanya untuk kontrol ke dokter.

Sarung tangan bayi ini juga bisa digunakan menjaga bayi dari kebiasaan menggaruk wajah atau mengemutnya ke dalam mulut.

7. Termometer digital

Meski si kecil baru lahir, tetap saja ada beberapa perlengkapan pertolongan dasar pertama yang patut disiapkan, seperti termometer digital. Data Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengungkapkan, 30 persen dari total pengunjung rumah sakit anak adalah mengeluhkan penyakit demam yang melanda sang buah hati, sehingga peran termometer sangatlah penting. Jadi, jangan lupa untuk stock di rumah ya mam!

8. Nasal aspirator

peralatan wajib bayi baru lahir
http://unsplash.com

Mama tak perlu khawatir jika selama beberapa minggu awal bayi yang baru lahir akan sering bersin. Seperti yang dilansir dari Healthline.com, Cleveland Clinic menjelaskan, meski gejalanya identik seperti flu ringan atau alergi, namun bersin pada bayi baru lahir ini biasanya merupakan upaya untuk mengeluarkan sedikit cairan yang tertinggal dalam paru-parunya sebelum dan selama persalinan.

Bayi akan terus bersin sampai cairannya benar-benar hilang. Dalam situasi ini, nasal aspirator atau alat penyedot ingus bisa mama andalkan untuk membantu si kecil mengeluarkan cairan tersebut. Namun dalam hal ini mama perlu memperhatikan juga jika sang bayi terus menerus bersin disertai dengan demam dan sesak nafas. Sebaiknya tetap perlu berkonsultasi dengan dokter terkait untuk hal ini.

Seiring berjalannya waktu ketika si kecil sudah mulai besar, mama juga memerlukan perlengkapan lainnya yang dapat menunjang si kecil dimasa tumbuh dan kembangnya. Termasuk mainan menarik dan edukatif yang bisa membantu si kecil dan bisa mama dapatkan di Mamasewa.com. Selain harganya yang terjangkau, mainan edukatif yang ada di Mamasewa.com bisa mama sewa lho tanpa perlu membeli! Dengan begitu, kantong tetap aman dan hati si kecil tetap senang.

Penasaran apa saja pilihan mainan edukatif dan menarik yang bisa mama sewa di sini? Yuk cek sekarang juga!

Tinggalkan Balasan