Ketika si Kecil sudah mulai makan makanan pendamping ASI alias MPASI, tentu Mama membutuhkan perlatan makan bayi terbaik untuknya. Di pasaran pun telah banyak beredar peralatan makan bayi dengan harga, bentuk, bahan, dan juga merk yang berbeda. Tentu setiap merk mempunyai keunggulan dan juga kekurangannya masing-masing, Mama harus sangat hati-hati agar bisa mendapatkan yang terbaik.

Saking banyaknya peralatan, kadang Mama akan merasa bingung mana yang harus dibeli dan mana yang tidak. Terkadang sebagai orang tua ada saja perasaan di mana kita ingin membeli semuanya yang terbaik untuk bayi, tapi justru tidak digunakan di kemudian hari. Oleh karenanya agar Mama tidak bingung maka berikut ini ada beberapa daftar alat yang wajib Mama persiapkan.

1. Peralatan makan bayi yang pertama adalah mangkok dan piring anti tumpah

peralatan makan bayi
Photo by hui sang on Unsplash

Ketika berbelanja kebutuhan untuk makan bayi, Mama akan menemukan banyak sekali pilihan bentuk dan juga warna. Tapi selain itu, Mama juga akan mendapati bahwa saat ini mangkuk dan piring untuk bayi telah didesain sedemikian rupa hingga memiliki fitur anti tumpah. Nah, desain yang anti tumpah ini akan meyakinkan Mama untuk membiarkan si Kecil makan sendiri, karena tidak perlu khawatir makanan jadi belepotan ke mana-mana.

2. Peralatan makan bayi selanjutnya, yaitu garpu dan sendok

Mama tidak bisa membiarkan bayi makan menggunakan sendok atau garpu yang biasa orang dewasa pakai. Karena mulut mereka terlalu kecil untuk menampungnya dan juga garpu orang dewasa terlalu tajam sehingga dikhawatirkan dapat melukai. Untuk itu Mama perlu sendok dan juga garpu yang pas untuk mulut si kecil dengan memperhatikan beberapa kriterianya.

Adapun yang perlu diperhatikan ialah dari segi bahan yang aman untuk dikonsumsi, apabila bahannya terbuat dari plastik maka Mama harus pastikan bahwa bahannya tersebut telah bebas BPA. Selain itu, perhatikan pula bahwa sisi pada sendok dan garpu benar-benar mulus hingga nantinya saat digunakan tidak akan melukai mulut mereka.

3. High chair yang akan bantu posisi duduk bayi

peralatan makan bayi
Photo by kazuend on Unsplash

Mendudukkan bayi pada high chair saat makan sangatlah penting, karena biasanya tubuh mereka belum bisa duduk dengan benar sehingga membutuhkan penopang. Selain itu, menggunakan high chair juga memperkenalkan bayi pada feeding rules yang benar.

Saat ini, ada banyak pilihan high chair yang bisa Mama miliki dan dengan berbagai fitur keamanan seperti seatbealt, meja yang gampang dibersihkan hingga ukurannya yang nanti dapat disesuaikan dengan ukuran tubuh bayi. Eits, mama juga bisa menyewanya di Mamasewa.com lho!

4. Gelas khusus yang sesuai untuk bayi

Bayi biasanya belum bisa minum langsung dari gelas orang dewasa, sehingga Mama harus mempunyai gelas khusus yang sesuai dengan kemampuannya. Gelas orang dewasa terlalu berat untuk diangkat. Selain itu seringnya bayi juga belum bisa minum dengan baik sehingga membutuhkan cup atau mungkin sedotan untuk menjaganya supaya tidak tersedak. Pastikan pula Mama memilih gelas yang bisa menjaga cairan di dalamnya sehingga anti tumpah.

5. Slabber atau bib agar makanan tidak mengotori baju si kecil

peralatan makan bayi
Photo by Jason Sung on Unsplash

Slabber atau bib merupakan peralatan makan bayi berikutnya yang perlu Mama miliki. Karena, dilansir dari mybest, bayi seringkali mengeluarkan air liur dari mulutnya. Selain itu, baju bayi juga kerap kali menjadi kotor lantaran ketumpahan MPASI.

Maka dari itu, slabber sangat berguna untuk mencegah baju kotor. Tambah lagi, slabber kini sudah tersedia dengan berbagai desain cantik dan lucu, serta terbuat dari bahan yang sejuk untuk bayi.

Misal, Mama bisa memilih slabber berbentuk U untuk menangkal air liur bayi jatuh ke arah sekitar atas dada. Mama juga dapat menjadikan slabber berbentuk bulat sebagai pilihan, soalnya celemek ini memiliki fungsi yang sama dengan yang sebelumnya.

6. Food processor untuk membantu Mama menyiapkan makanan untuk si kecil

Peralatan makan bayi terakhir ini sangat membantu Mama dalam menyiapkan makanan yang sehat dan mudah dicerna untuk si bayi, lho! Dengan food processor, Mama bisa membuat MPASI dengan sangat mudah, tinggal memasukkan bahan-bahan makanan bergizi dan membiarkan alat ini mencacah bahan-bahan. Lalu, jadilah MPASI kaya gizi dan sangat enak.

Kebetulan Mamasewa.com menyediakan berbagai tipe food processor yang bisa menjadi pilihan para Mama. Di sini, Mama bisa mendapatkan food processor dengan harga murah, tentunya dengan menyewa mingguan atau bulanan. Selain bisa membantu pengelolaan keuangan, meminjam food processor di Mamasewa.com dapat membantu tumbuh kembang si bayi dalam kondisi bersih dan higienis.

Nah, ini dia 6 peralatan makan yang perlu Mama persiapkan ketika si kecil sudah memasuki fase MPASI. Selain mempersiapkan perlatan makannya, Mama juga perlu mempersikan stok sabar yang banyak, yah! Haha

Semoga informasi dari Mamasewa.com kali ini bisa membantu Mama yang sedang sibuk mempersiapkan diri dan buah hatinya yang sebentar lagi makan. Semangat, Mam!

Leave a Reply