Bepergian menggunakan pesawat bersama si kecil tentu menjadi pengalaman yang berbeda dibandingkan dengan bepergian menggunakan transportasi lain. Pesawat memiliki beberapa peraturan ketat terkait barang bawaan dan aturan lain guna menjaga keamanan bersama. Mama pastinya harus memperhatikan apa saja peralatan bayi saat naik pesawat.

Belum lagi ketika perjalanan yang ditempuh memakan waktu yang lama. Si kecil pasti akan mudah merasa bosan dan Mama harus lebih mempersiapkan segalanya. Tapi tenang, Mamasewa.com sudah merangkum 7 peralatan bayi saat naik pesawat yang perlu Mama siapkan untuk memudahkan dan memberikan pengalaman bepergian yang menyenangkan bersama si kecil. Simak ulasannya!

1. Makanan dan cemilan bayi dalam kemasan

Peralatan bayi saat naik pesawat
Photo by hessam nabavi on Unsplash

Sayangnya tidak semua penerbangan menyediakan makanan khusus untuk bayi. Sehingga Mama harus siapa mempersiapkan makanan atau cemilan si kecil yang praktis di dalam kemasan. Makanan jenis ini akan memudahkan Mama agar tidak banyak membawa wadah dan lebih bersih.

Tentunya Mama tidak boleh sembarangan dalam memilih makanan kemasan bagi si kecil. Perhatikan jenis dan kandungan dari makanan tersebut apakah aman untuk dikonsumsi si kecil. Sesuaikan juga nutrisi yang dibutuhkan pada usianya.

2. Peralatan bayi naik pesawat yang wajib adalah wadah ASI atau susu formula

Susu merupakan kebutuhan primer bagi si kecil. Apalagi bagi si kecil yang masih memerlukan ASI. Beberapa pesawat memang memperbolehkan Mama untuk ikut menyimpan ASI di dalam lemari pendingin mereka. Namun akan lebih baik jika kita sudah mempersiapkannya sendiri sebelumya.

Terdapat sebuah wadah berbentuk tas khusus, yang kita kenal dengan cooler bag, yang dapat digunakan untuk menyimpan ASI atau susu formula agar suhu dan kualitasnya tetap terjaga. Hal ini tentunya dapat membantu Mama karena lebih praktis dan bisa dibawa kemana-mana.

3. Tisu basah, popok, dan baju ganti

Peralatan yang satu ini termasuk dalam daftar wajib karena dalam perjalanan si kecil bisa saja menumpahkan makanan, buang air besar atau kecil sehingga Mama perlu mengganti pakaiannya. Tisu basah dipilih sebagai alat pembersih karena praktis dan sekali pakai.

Pergantian pakaian si kecil uga ditujukan untuk menjaga kenyamanannya. Apabila popoknya terasa sudah penuh atau baju kotornya tidak segera diganti maka si kecil bisa tidak merasa nyaman dan rewel selama perjalanan. Mama tentunya tidak menginginkan hal tersebut terjadi, bukan?

4. Stroller termasuk peralatan bayi saat naik pesawat

Stroller juga masuk dalam peralatan bayi yang wajib dibawa saat naik pesawat karena bisa meringankan beban Mama yang tidak harus menggendong si kecil. Pastikan stroller yang Mama pilih adalah stroller yang ringkas dan ringan sehingga bisa lolos dalam pengecekan kabin.

Mamasewa.com menyediakan berbagai jenis stroller yang cocok dibawa sebagai peralatan bayi saat naik pesawat. Jadi Mama tak perlu khawatir tentang biaya membeli stroller karena bisa menyewanya di Mamasewa.com dengan harga yang terjangkau dan sesuai dengan kebutuhan.

Nah, kalau kebetulan Mama sedang bepergian di sekitar Jakarta, Bekasi, ataupun Depok, Mama malah tidak perlu repot-repot membawa stroller dari rumah. Mama bisa menyewa stroller atau perlengkapan lainnya ketika sudah sampai saja. Sangat membantu kan, Mam?

5. Teethers dan mainan edukatif

Peralatan bayi saat naik pesawat yang satu ini tidak boleh ketinggalan! Si kecil akan mudah merasa bosan ketika harus menempuh perjalanan berjam-jam dan hanya berada di kursinya. Jika rasa bosan tersebut tidak dialihkan dengan kegiatan yang menyenangkan masa si kecil bisa berpotensi rewel.

Teethers merupakan salah satu alternatif mainan yang dapat digunakan untuk si kecil yang selalu ingin memasukkan benda ke dalam mulutnya. Mainan edukatif lain juga dapat dijadikan solusi dalam menghadapi kebosanan si kecil. Namun Mama tetap harus pandai memilih mainan yang paling aman, mudah dibawa, dan tidak memakan banyak ruang.

6. Headphone, termometer digital, dan obat-obatan

Pada saat melakukan perjalanan menggunakan pesawat, headphone sangat penting untuk melindungi telinga si kecil dari perubahan tekanan udara ketika take off dan landing. Beberapa peralatan kesehatan lain seperti termometer dan obat-obat darurat perlu Mama persiapkan agar perjalanan lebih tenang.

7. Carseat juga masuk dalam peralatan bayi saat naik pesawat

Tidak hanya dapat digunakan dalam mobil, carseat juga dapat dibawa menjadi peralatan bayi saat naik pesawat. Keamanan si kecil menjadi aspek utama yang perlu diperhatikan saat akan membawanya bepergian. Sehingga carseat menjadi salah satu yang menjamin keamanan tersebut.

Di Mamasewa.com terdapat berbagai pilihan carseat yang cocok dibawa bepergian dan sesuai dengan usia si kecil. Semuanya peralatan dapat disewa dengan harga terjangkau dan kualitas terbaik. Jadi Mama tidak perlu pusing lagi memikirkan biaya membeli carseat yang mungkin tidak sering digunakan di kemudian hari.

Itulah 7 peralatan bayi saat naik pesawat yang perlu Mama persiapkan untuk menjadikan perjalanan bersama si kecil jadi tenang dan menyenangkan.

Jangan lupa juga untuk mempercayakan berbagai peralatan si kecil di Mamasewa.com. Selain karena kualitasnya sudah terjamin, Mama jadi tak perlu khawatir tentang biaya karena sangat terjangkau. Mama hebat, Mama hemat!

Leave a Reply