model ayunan bayi

Ragam model ayunan bayi dari tradisional hingga modern bisa digunakan agar bayi tidur lebih nyenyak. Namun, model manakah yang memang berkualitas dan praktis digunakaan saat ini?

Kualitas tidur pada bayi memiliki pengaruh pada perkembangannya. Jika bayi kurang tidur akan menurunkan daya tahan tubuhnya sehingga rentan terkena penyakit.

Tidak hanya bayi saja, Mama pasti akan kurang istirahat karena bayi rewel sepanjang hari.Tentunya Mama akan mudah terkena penyakit, maka kualitas tidur bayi sangat penting bukan?

Manfaat Bayi Tidur Nyenyak

Selain menjaga kesehatan bayi, kuantitas dan kualitas tidur pada bayi juga punya manfaat lainnya, yaitu:

Dapat Meningkatkan Konsentrasi

Berdasarkan penelitian. bayi umur 1 tahun yang kurang kuantitas tidurnya sangat rentan memiliki konsentrasi pendek. Artinya, bayi akan mudah lupa dan sulit berkonsentrasi pada aktivitas kesehariannya.

Sebaliknya, ketika tidurnya lebih nyenyak maka konsentrasinya akan meningkat. Maka itu, penting untuk bayi memiliki tidur berkualitas atau tidurnya cukup. Dengan konsentrasi yang baik, bayi akan mudah menyimpan berbagai informasi.

Mencegah Tantrum dengan Tidur Nyenyak

Mama perlu tahu, tidur nyenyak ternyata juga berpengaruh dengan sikap yang diperlihatkan oleh bayi. Jika bayi menunjukkan tantrum, rewel, atau menangis sepanjang hari, mungkin saja penyebabnya bukan lapar.

Ya, tidak hanya perkembangan kognitifnya saja. Ternyata kualitas tidur bayi juga membantu perkembangan emosionalnya. Sesuai dengan fakta dari penelitian, bayi yang kurang tidur bisa membuat mereka menunjukkan sikap impulsif, tantrum, dan marah.

Hormon Pertumbuhan Lebih Maksimal

Ketika bayi tidur lebih nyenyak, hormon pertumbuhan akan keluar lebih maksimal. Hasilnya, pertumbuhan bayi akan semakin baik.

Sesuai juga dengan penelitian, salah satu penyebab bayi kurang baik perkembangan tumbuh kembangnya karena kurangnya kuantitas dan kualitas tidur.

Membantu Produksi Anti Bakteri Dalam Tubuh

Bayi tidur lebih nyenyak juga membantu tubuhnya untuk memproduksi protein sitokin. Protein ini mencegah pertumbuhan bakteri dan kuman penyebab penyakit. Maka itu, bayi yang tidurnya berkualitas tentu akan memiliki daya tahan tubuh lebih baik.

Tips Agar Bayi Bisa Tidur Nyenyak

model ayunan bayi modern

Sudah tahu manfaat tidur nyenyak untuk bayi? Lalu, bagaimana cara meningkatkan kualitas tidur atau cara agar bayi tidur lebih nyenyak? Ikuti tipsnya berikut ini ya, Mama!

1.   Kenalkan Disiplin Waktu Tidur

Bayi melakukan aktivitas hariannya sesuai kebiasaan yang dilakukan. Begitu juga dengan tidur, makan, minum susu, hingga bermain. Buatlah kebiasaan waktu tidur pada bayi, baik tidur siang maupun malam.

Tidak ada waktu yang tepat, namun untuk bayi dibawah usia 1 tahun sebaiknya memiliki waktu tidur maksimal jam 7 malam pada tidur malam hari.

2.   Perhatikan Durasi Tidur Sesuai Usia

Selain tidur berkualitas, Mama juga harus memastikan durasi tidur bayi sesuai dengan usianya. Tidak hanya tidur nyenyak, tapi kuantitas tidurnya juga harus diperhatikan. Berdasarkan anjuran ahli, berikut ini durasi tidur yang cukup untuk rentang usia 0 hingga 2 tahun.

  • Usia 0 sampai 3 bulan : 14 hingga 17 jam sehari
  • Usia 4 sampai 11 bulan : 12 hingga 15 jam sehari
  • Usia 1 sampai 2 tahun : 11 sampai 14 jam sehari

3.   Penuhi Seluruh Kebutuhan Bayi

Sebelum tidur pastikan Mama memenuhi kebutuhan bayi. Contohnya, Mama bisa memberikan ASI terlebih dahulu agar bayi tidak bangun tengah malam hari.

Selain itu, Mama juga harus cek kondisi pokoknya terlebih dahulu. Sebaiknya, ganti popok bayi agar tidurnya lebih nyaman dan nyenyak.

4.   Buat Suasana Nyaman dan Tenang

Salah satu cara bayi tidur lebih cepat dan nyenyak, Mama bisa ciptakan suasana sekitar lebih nyaman dan tenang. Khususnya untuk kamar tidur bayi, atur suhu ruangan tidak terlalu panas atau dingin.

Buatlah suasana kamar tidur lebih nyaman dengan mengatur pencahayaan yang pas. Suasana tenang bisa Mama ciptakan dengan suara white noise atau senandung lagu yang lambat. Contohnya lagu yang umumnya ada di fitur ayunan bayi elektrik.

5.   Coba Gunakan Ayunan Bayi Berkualitas

Umumnya bayi akan lebih cepat tidur dan lebih nyenyak jika diayun atau ditimang-timang. Sayangnya, jika bayi terus digendong saat tidur akan mengakibatkan Mama lebih mudah lelah.

Coba saja menggunakan ayunan bayi untuk menidurkan bayi. Tanpa harus menggendong, seperti ayunan bayi modern yaitu bouncer elektrik memiliki fitur mengayun secara otomatis. Apa saja rekomendasi ayunan bayi modern untuk Mama?

Rekomendasi Model Ayunan Bayi Modern

Salah satu ayunan bayi modern yang praktis digunakan yaitu electric baby bouncer. Ayunan bayi elektrik ini bisa membuat bayi lebih nyaman seperti berada dalam pelukan Mama. Untuk jenis elektrik memang bervariasi, tenang saja Mamasewa punya rekomendasi baby bouncer terbaik untuk Mama.

Cocolatte Weeler Snuggli Swing

Model ayunan bayi ini cocok digunakan untuk membuat bayi tidur lebih nyenyak. Fitur dari baby bouncer elektrik ini sangat modern, sebab bisa dihubungkan langsung dengan perangkat lain melalui Bluetooth.

Selain itu, baby bouncer ini memiliki fitur pemutar musik untuk menimang bayi. Tentunya terdapat gerakan ayunan otomatis dengan lima sudut dan bisa disesuaikan. Jenis ayunan ini dilengkapi juga dengan remote control, sehingga bisa mengatur berbagai fitur ayunan dari jauh.

Joie Serina 2in1

Ayunan bayi modern yang cocok digunakan untuk membuat bayi tidur lebih nyenyak. Jenis ayunan elektrik ini dilengkapi dengan fitur soft glow night light atau lampu tidur dengan tingkat kecerahan yang bisa diatur.

Menariknya, baby bouncer elektrik ini memiliki portable rocker terpisah. Dilengkapi juga dengan dua roda di belakang yang akan memudahkan Mama memindahkan baby bouncer.

Fitur canggih lainnya, model ayunan bayi ini memiliki 2 getaran yang menenangkan, 5 lagu penenang untuk tidur, dan 5 suara alarm yang akan membuat bayi lebih merasa nyaman.

4moms Mamaroo 4.0 Bouncer Multi Plush

Ada 5 gerakan ayunan berbeda dari ayunan bayi modern jenis elektrik ini. Gerakan car ride, kangaroo, tree swing, rock a bye, dan wave dari bouncer elektrik ini tidak dimiliki oleh merek lain.

Fitur lain yang tersedia juga sesuai dengan harganya. Posisi kursi ayunan yang bisa diatur sesuai kenyamanan bayi, seperti berbaring, duduk, hingga bermain.

Ayunan bayi elektrik ini juga menyediakan fitur bluetooth yang bisa mengontrol gerakan, suara, kecepatan dan volume dari smart device Mama.

Baby bouncer dari 4moms Mamaroo ini bisa digunakan untuk menidurkan bayi. Sebab, tersedia juga pemutar musik dengan empat built-in sounds yang bisa diatur. Dilengkapi dengan 3 point harness, baby bouncer elektrik ini dipastikan aman digunakan oleh bayi.

Bagaimana Mama apakah tertarik untuk coba membuat bayi tidur dengan ayunan bayi modern tersebut? Tenang saja, Mama tidak perlu mengeluarkan budget lebih.

Tersedia sewa baby bouncer terbaik hanya di Mamasewa.com. Dari 3 rekomendasi model ayunan yang diberikan, Mamasewa memberikan harga sewa baby bouncer yang terjangkau.

Tinggalkan Balasan