milestone bayi
People vector created by pikisuperstar – www.freepik.com

Selama kurang lebih 12 bulan setelah lahir, Si kecil akan mengalami pertumbuhan yang luar biasa cepatnya. Mulai dari tersenyum, tertawa, tengkurap, hingga melakukan langkah pertamanya. Pada momen inilah, fase-fase pertumbuhan si Kecil menjadi sangat berharga bagi Mama dan Papa. Milestone bayi 12 bulan memang cukup cepat. Supaya Mama tak melewatkan sedikitpun perkembangannya, berikut ini adalah perkembangan milestone bayi dari baru lahir hingga 12 bulan yang perlu dipahami. 

Milestone Bayi Sejak Lahir Hingga 12 Bulan

1. Milestone bayi 0-3 bulan

Setelah lahir, Si Kecil bisa melakukan hal yang akan membantunya berkomunikasi. Hal pertama yang ia mulai adalah berteriak. Dengan berteriak ia mulai bernapas dan mengkoordinasikan gerakan pita suara. Sebelum anak mengembangkan kata-kata, ia harus mengembangkan control ini bersama dengan koordinasi lidah dan mulutnya. 

Setelah lahir, Si Kecil juga mencoba berkomunikasi dengan menangis. Dilansir dari Babycenter, bayi dilahirkan dengan kemampuan untuk menghasilkan tangisan dengan nada, volume, durasi, dan dengan maksud yang berbeda. Dan masing-masing tangisan memiliki arti tersendiri.

Selain itu, ada beberapa hal yang bisa ia lakukan ketika ia lahir sampai usia 3 bulan, yaitu:

  • Mampu mengangkat kepalanya sendiri
  • Mampu mengendalikan kepalanya
  • Sudah bisa tersenyum
  • Sudah bisa tertawa

2. Milestone bayi 4-6 bulan

milestone bayi
Baby photo created by gpointstudio – www.freepik.com

Memasuki usia 4 bulan, bayi sudah bisa tertawa kecil dan mulai memperhatikan wajah Mama saat berbicara dengannya. Ia mulai bisa menanggapi dengan tersenyum atau mengikuti nada Mama berbicara dengannya. Tanggapan Si Kecil biasanya berupa tanggapan suara vocal seperti “ooh”, atau “ah”. 

Di usia ini, dia juga sudah pandai bermain sendiri. Coba dengarkan Si Kecil ketika ia sedang bermain sendiri. Ia akan mengoceh, tertawa, terkekeh, dan memekik pada dirinya sendiri. Terkadang dia akan berteriak dengan kesal. 

Mama juga bisa menstimulasi perkembangannya dengan berbicara pada Si Kecil tentang hal-hal kecil sehari-hari. Atau bisa juga dengan menyanyikan lagu anak-anak untuk membantu ingatan dan keterampilan mendengarkan.

Selain itu, ada beberapa hal lain yang bisa ia lakukan saat usianya 4-6 bulan, yaitu:

  • Bayi bisa berguling
  • Sudah bisa duduk
  • Si kecil sudah tumbuh gigi
  • Bisa mengambil beberapa benda

3. Milestone bayi 7-9 bulan

milestone bayi baru lahir
Baby photo created by gpointstudio – www.freepik.com

Bayi di usia 7 bulan biasanya sudah paham kata-kata seperti “Mama” atau “Papa”. Dia akan menoleh ketika mendengar suara atau dipanggil Namanya. Dia juga akan senang menghasilkan suara yang berbeda dengan membuat intonasi turun dan naik. Seringkali ia juga menunjukkan ekspresi wajah yang menirukan ekspresi Mama. 

Ocehannya juga sudah mulai jelas dan membentuk sebuah kata. Ia juga mungkin sudah bisa membuat suara seperti yang Mama lakukan. Mama dan Papa juga sudah bisa mengajaknya pura-pura membuat percakapan. Mama dan bayi seolah-olah bergantian berbicara padahal obrolannya belum membentuk kalimat. Dia akan mengenali nama-nama benda, mainan, dan orang yang dia cintai, seperti “mobil” dan “ayah”.

Selain itu, dia juga sudah bisa melakukan beberapa hal, seperti:

  • Merangkak
  • Berdiri dengan bantuan benda di sekitarnya
  • Sudah bisa mengambil barang besar dan kecil
  • Terus mengoceh
  • Membuat percakapan dengan Mama

4. Milestone bayi 10-12 bulan

Di usia bayi 10 bulan, biasanya ia sudah bisa berdiri sendiri tanpa bantuan benda di sekitarnya dan bergerak sesuai keinginannya. Bayi di usia ini semakin menggemaskan, mulai bisa bertepuk tangan, melepaskan benda ke dalam wadah dengan bukaan besar, kemudian menggunakan ibu jari dan jari telunjuk untuk mengambil benda kecil.

Di usia menuju satu tahunnya, si Kecil juga sudah jelas mengatakan “Mama” untuk memanggil orang tuanya. Jari telunjuknya sudah jelas menunjuk apapun keinginannya. Si Kecil juga sudah paham kata tidak untuk menunjuk ke sesuatu hal yang bukan keinginannya.

Di usia 10-12 bulan, bayi juga sudah bisa bermain dengan mainan yang bervariasi. Mereka akan berjoget jika mendengar musik atau sesekali bernyanyi menirukan nyanyian dari lagu anak-anak. 

Nah, itu tadi adalah milestone bayi sejak lahir hingga 12 bulan. Untuk menunjang tumbuh kembangnya, berikan si Kecil stimulasi yang baik dengan mainan stimulasi yang bisa Mama sewa di Mamasewa.com. Harganya terjangkau dan kebersihan mainan juga sangat terjaga, jadi Mama tak perlu khawatir lagi. Yuk, cek sekarang juga, Ma!

Tinggalkan Balasan