Berat Badan Bayi

Mengetahui berat badan bayi ideal pada setiap fase tumbuh kembangnya menjadi sebuah keharusan untuk Mama. Pasalnya, berat badan bayi bisa menjadi indikator kuat optimal atau tidaknya pertumbuhan si Kecil. Memang jika dilihat secara subjektif, berat badan anak akan berbeda satu dengan yang lain. Namun secara ideal ternyata terdapat acuan berat badan ideal untuk anak-anak, khususnya pada usia 0 sampai 12 bulan.

Berat badan ideal bayi ini biasanya akan dimasukkan ke dalam milestone tumbuh kembang. Milestone sendiri merupakan acuan-acuan ideal yang akan diraih oleh si Kecil selama ia tumbuh dan berkembang. Pada setiap fase dan usia, terdapat milestone spesifik yang idealnya dapat diraih. Meski demikian, pemenuhan milestone ini sendiri juga bisa saja berbeda satu anak dengan yang lain, karena dipengaruhi oleh banyak sekali faktor.

Nah, terkait dengan berat badan bayi yang ideal, berikut bisa Mama jadikan acuan sebagai tolak ukur tumbuh kembang si Kecil. SImak selengkapnya ya!

Berat Badan Bayi Ideal

Berat Badan Bayi

Biasanya untuk melihat tumbuh kembang si Kecil dari berat badan, rentang waktu yang digunakan adalah 1 sampai 3 bulan, 4 sampai 6 bulan, dan 7 sampai 12 bulan. Indikator ini menandai kemampuan pencernaan ideal si Kecil. Yakni tahap pertama sepenuhnya mengandalkan asupan ASI, tahap kedua mulai pengenalan MPASI, dan tahap ketigai kombinasi ASI dan makanan yang lebih padat.

Usia 1 sampai 3 Bulan

Mungkin Mama juga menyadari bahwa setelah si Kecil lahir, biasanya memiliki berat badan antara 2,5 sampai 4 kilogram, ia akan kehilangan berat badan tersebut. Meski demikian, hal ini merupakan hal alami, dan kira-kira pada hari ke 10 si Kecil akan mendapatkan berat badannya kembali.

Pada usia 1 sampai 3 bulan, berat badan rata-rata anak laki-laki berkisar antara 5 sampai 8 kilogram. Sedangkan pada anak perempuan beratnya adalah 4,5 sampai 7,5 kilogram. Sumber asupan nutrisi dan makanan utama adalah ASI, dengan jumlah setidaknya 8 kali dalam satu hari (setiap kali menyusu antara 180 sampai 200 mililiter ASI).

Usia 4 sampai 6 Bulan

Pada tahap kedua ini, usia 4 sampai 6 bulan, penambahan berat badan bayi idealnya akan cukup signifikan. Untuk bayi laki-laki kira-kira berat idealnya adalah 6,5 sampai dengan 9,8 kilogram. Sedangkan untuk bayi perempuan berat badannya akan berada di kisaran 5,8 sampai 9,2 kilogram.

Nah, pada usia 6 bulan, si Kecil sudah mulai bisa diperkenalkan pada MPASI yang teksturnya sangat lembut. Organ pencernaan si Kecil mulai siap menerima makanan dengan tekstur yang lebih padat, sehingga asupan nutrisi yang diberikan bisa lebih beragam.

Untuk asupan ASI setidaknya sebanyak 6 kali dalam sehari dengan porsi 180 sampai 250 mililiter, dan asupan MPASI bisa mencapai tiga kali.

Usia  7 sampai 12 Bulan

Setelah mengenal MPASI pada bulan ke 6, ia akan terus berkembang hingga mampu mencerna makanan yang lebih padat. Hal ini penting sebab kebutuhan nutrisi si Kecil juga meningkat, dan tak lagi bisa dipenuhi dengan asupan ASI saja.

berat badan ideal pada usia 12 bulan untuk anak laki-laki adalah 8 sampai 12 kilogoram, sedangkan untuk anak perempuan rata-rata kisaran 7 sampai 11 kilogram. Hal ini tentu dipengaruhi juga oleh aktivitas yang dilakukan si Kecil secara rutin dan pola makan serta istirahatnya.

Lalu Bagaimana Jika Berat Badannya Kurang? Ini Cara Menaikkan Berat Badan Bayi

Berat Badan Bayi

Berat badan bayi yang disampaikan tentu adalah acuan ideal yang digunakan untuk mengukur perkembangan si Kecil secara umum. Banyak faktor bisa membuat berat badan si Kecil tidak sesuai dengan kisaran tersebut. Namun selama selisihnya tidak terlalu besar, hal ini masih dianggap wajar.

Namun bila si Kecil mengalami kurang berat badan, maka ada baiknya Mama memastikan kondisi si Kecil dengan ke dokter. Untuk menaikkan berat badan si Kecil sendiri Mama tidak bisa semata-mata menambah porsi makannya, namun lebih kepada penerapan pola hidup yang lebih teratur.

Jadwal makan yang ketat, porsi makan yang terkontrol, pola aktivitas sehat yang baik, serta waktu istirahat yang juga disiplin. Pada intinya, untuk menambah berat badan bayi yang mungkin kurang, Mama wajib menerapkan pola hidup sehat dan teratur. Ada baiknya bila Mama berkonsultasi dengan dokter anak kepercayaan, untuk meminta rekomendasi menu makanan sehat yang bisa membantu penambahan berat badan anak.

Itu tadi sedikit penjelasan mengenai berat badan bayi ideal, serta sedikit tips untuk membantu menaikkan berat badannya. Tentu, aktivitas fisik yang teratur juga dapat membantu hal ini. Bermain dengan peralatan dan mainan yang berkualitas bisa menunjang aktivitas fisik tersebut. Tanpa perlu repot, Mama bisa menyewa semua mainan dan peralatan langsung di situs mamasewa.com. Kontrol kualitas yang selalu menjadi prioritas serta higienitas mainan selalu diuatamakan, jadi semua yang dimainkan si Kecil benar-benar aman dan bisa menunjang tumbuh kembangnya di setiap fase.

Tinggalkan Balasan