mainan anak anak

Mainan? Aduh, jika Ayah atau Bunda mendengar kata tersebut, rasanya gemas, ya! Mulai dari mainan yang bikin malas atau lupa waktu. Beberapa orang tua memilih tidak memberikan mainan anak anak karena dianggap sebagai salah satu alasan anak menjadi malas. Padahal kenyataannya justru sebaliknya, lho!

Coba yuk dibaca sampai habis, apa sih manfaatnya? Siap catat ya, Ayah dan Bunda!

1. Mainan anak anak adalah salah satu media untuk mengenal dunia

Saat lahir di dunia, si Kecil sama sekali tidak memahami apa saja yang terjadi di sekitarnya. Begitu pula ketika si Kecil beranjak dewasa. Anda tidak bisa semerta-merta mengajari buah hati Anda begitu banyak informasi. Lalu apa solusinya?

Mainan yang mendidik hadir sebagai cara anak berinteraksi dengan lingkungannya. Misalkan mengenal bentuk ikan atau hewan lain yang bisa Anda peroleh saat menyewa Babyelle Activity Jumper.

2. Memicu perkembangan dan penajaman indera

Masih berkaitan dengan media untuk mengenal dunia, mainan juga dapat mempertajam indera. Anda bisa menajamkan indera pendengaran anak dengan memberikannya berbagai suara yang berbeda di ELC Little Sense Activity Table, misalnya. Anak pun belajar untuk mengingat suara melalui sentuhan tombol. Yang terpenting bisa membantu anak mengenali bentuk dan tekstur, lho!

3. Mengasah Imajinasi Dengan Mainan Anak

mainan anak anak

Salah satu hal yang sering disepelekan orang tua adalah membiarkan anak berimajinasi. Pada usia 0-5 tahun, berimajinasi menjadi salah satu cara anak untuk membangun dunia dan berpikir kritis. Hal ini bisa berdampak pada bagaimana anak berpikir kreatif pada kemudian hari. Mainan yang mendidik terbukti dapat membantu anak untuk mengeksplorasi dunianya, lho.

4. Pencapaian-pencapaian kecil dalam permainan bisa membentuk kepercayaan diri mereka, lho!

Siapa yang tidak ingin buah hatinya berprestasi? Namun Anda tidak perlu jauh-jauh mengharapkan anak mendapatkan juara di sesi PAUD. Sesederhana memuji anak saat ia sudah menyelesaikan puzzle atau memberi nama boneka-boneka serta menyebutkan jenis hewan pada gambar baby playmat bisa meningkatkan rasa kepercayaan dirinya, lho!

5. Berlatih fokus dan melepaskan rasa ingin tahu

Melatih fokus anak. Umumnya, anak akan sangat mudah bosan. Jadi tidak mengherankan jika Anda mendapati si Kecil menangis jika tidak melakukan apa-apa. Selain itu bisa membantu anak untuk meredakan bosan sekaligus melatih fokus. Apalagi jika si Kecil menyukainya, pasti akan ditekuni!

Memangnya apa saja jenisnya? Ternyata mainan bisa digolongkan menjadi beberapa jenis, lho:

1. Mainan untuk koordinasi fisik dan kekuatan

mainan anak anak

Kali ini untuk meningkatkan fokus dan melatih kekuatan otot anak. Umumnya, mainan ini mengajak anak untuk mendorong atau beraktivitas fisik. Ayah dan Bunda bisa menyewa Fisher Price Musical Lion Walker atau sepeda untuk si Kecil.

2. Mainan anak anak bagus untuk mempertajam indra

Mempertajam indra umumnya terdiri dari suara, warna, bentuk, dan tekstur. Anak akan belajar untuk mengidentifikasi suara, membedakan warna, dan mengenali objek melalui bentuk. Mainan seperti Fisher Price Piano Gym bisa menjadi pilihan terbaik Ayah dan Bunda karena si Kecil bisa berlatih musik dan mengenali bentuk dengan motif ceria dan tekstur bervariasi.

3. Mainan untuk melatih kemampuan sosial

Jenis ini memicu si Kecil untuk berimajinasi dan bermain role-playing. Contoh boneka atau mainan yang dapat diajak berbicara. Tidak jarang, anak juga menciptakan sebuah ‘dunia’ atau ‘kota’ berisi mainan-mainan yang dimiliki dan menjadikannya seolah-olah hidup. Ini merupakan jembatan edukasi sosial yang bagus untuk anak.

4. Mainan melatih kreativitas seni

Mainan yang mendidik ini bisa diubah menjadi bentuk apapun, seperti clay, krayon, buku gambar, bahkan sesederhana mengajak anak mencetak kue bersama. Bebaskan anak Anda untuk berkreasi dan mengasah imajinasinya!

Tinggalkan Balasan