sterilizer

Alat sterilisasi botol bayi adalah alat yang biasa digunakan di rumah untuk membersihkan barang-barang bayi seperti botol, dot, mainan, dan sejenisnya. Barang bayi ini adalah hal-hal yang paling mungkin menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. Alat steril botol perlu terus dijaga kebersihannya karena sering bersentuhan dengan mulut si kecil.

Alat steril ini bekerja dengan banyak cara, ada yang menggunakan sinar ultraviolet (UV), ada juga yang menggunakan uap, ada juga yang direbus. Tujuannya sama yakni untuk membersihkan dan mengeringkan botol bayi.

Alat sterilizer yang menggunakan sinar ultraviolet sebagai pengganti panas atau bahan kimia, aman untuk digunakan pada benda yang digunakan oleh anak-anak dari segala usia, terutama bagi bayi yang baru lahir.

Menggunakan metode lain untuk mendesinfeksi botol bayi memakan waktu dan Mama mungkin tidak punya waktu untuk melakukannya sendiri. Tetapi dengan menggunakan sterilizer botol ASI dapat dilakukan dengan mudah dan lebih cepat juga. Mama akan merasakan keuntungan dengan menggunakan alat ini.

Mensterilkan Botol ASI

Sangat penting untuk mensterilkan semua peralatan makan bayi, termasuk botol dan dot, hingga setidaknya bayi berusia 12 bulan. Cara ini akan melindungi bayi dari infeksi, khususnya diare dan muntah.

Sebelum mensterilkan, Mama perlu melakukan hal berikut:

  • Bersihkan botol, dot, dan peralatan menyusui lainnya dengan air sabun yang panas sesegera mungkin setelah menyusui.
  • Gunakan sikat botol bersih untuk membersihkan botol (gunakan sikat ini hanya untuk membersihkan botol), dan sikat dot kecil untuk membersihkan bagian dalam dot.
  • Mama juga bisa membalikkan puting susu tambahan lalu mencucinya dengan air panas.
  • Jangan gunakan garam untuk membersihkan dot, karena bisa berbahaya bagi si kecil.
  • Mama dapat meletakkan peralatan makan bayi di mesin pencuci piring untuk membersihkannya. Meletakkan peralatan makan melalui mesin pencuci piring akan membersihkannya tetapi tidak mensterilkannya. Pastikan botol, tutup, dan dot menghadap ke bawah.
  • Bilas semua peralatan dengan air dingin yang bersih sebelum disterilkan.

Saran di atas berlaku untuk semua perlengkapan makan bayi, baik jika Mama akan melakukan sterilizer botol ASI atau susu formula.

Cara Mensterilkan Botol Minum Bayi

  • Ikuti petunjuk produsen
  • Tinggalkan peralatan makan atau minum dalam larutan sterilisasi selama minimal 30 menit
  • Ganti larutan sterilisasi setiap 24 jam
  • Pastikan tidak ada gelembung udara yang terperangkap di dalam botol atau dot saat memasukkannya ke dalam larutan pensteril.
  • Alat sterilisasi harus memiliki penutup apung atau pendorong untuk menyimpan semua peralatan di bawah larutan

Setelah Melakukan Sterilisasi

  • Sebaiknya tinggalkan botol dan dot di dalam alat sterilizer dan bisa Mama ambil saat akan menggunakannya
  • Jika Mama mengeluarkan alat dot, langsung pasang dot dan tutupnya pada botol
  • Cuci dan keringkan tangan Mama sebelum memegang peralatan yang disterilkan. Lebih baik lagi, gunakan penjepit steril
  • Susun botol pada permukaan yang bersih dan didesinfeksi atau tutup pensteril yang menghadap ke atas

Sterilizer Botol Menggunakan Ultraviolet

  1. Cari tahu berbagai merek yang memiliki keefektifan UV Sterilizer

Tidak semua alat sterilizer botol yang menggunakan UV dibuat sama, sehingga Mama perlu melakukan riset terlebih dahulu. Penting untuk memeriksa ulang klaim produk, terutama yang menjanjikan penghapusan virus, kuman, dan bakteri 99% atau lebih. Cek kembali keefektifan produk.

  1. Pertimbangkan waktu dan siklus sterilisasi

Ada banyak alat sterilizer yang dijual dan semuanya bekerja dengan cara yang berbeda. Beberapa pensteril UV-C memerlukan beberapa siklus untuk mendesinfeksi botol sepenuhnya, sementara yang lain hanya menyediakan rentang waktu yang belum tentu bekerja secara efektif.

  1. Periksa fitur keselamatan anak khusus UV

Pertanyaan pertama di benak Mama adalah “apakah pensteril UV aman digunakan di sekitar bayi dan anak-anak?” Jawaban singkatnya adalah ya. Selama mereka bersertifikasi UL Safety, memiliki fitur keselamatan anak premium, dan memenuhi standar peraturan maka alat sterilizer aman digunakan.

  1. Ingatlah bahwa jumlah dan jenis lampu LED UV itu penting

Meskipun tidak ada standar yang tepat, alat sterilizer botol ASI perlu memiliki lampu LED yang cukup untuk ukurannya agar dapat menyelesaikan pekerjaan dengan optimal. Semakin besar alat sterilisasi, semakin banyak sinar UV yang diperlukan untuk sterilisasi yang efektif. Selain itu, sebagian besar merek menggunakan manik-manik LED atau bola lampu Mercury.

  1. Beli dari merek yang Mama kenal dan percaya

Dalam hal mensterilkan barang-barang yang sering disentuh bayi dan anak-anak, penting untuk beralih ke merek yang benar-benar Mama percaya. Merek yang lebih terkenal biasanya lebih banyak memiliki referensi dari konsumen-konsumen sebelumnya. Perhatikan kembali kekurangan dan kelebihan setiap alat sterilizer yang nantinya akan Mama pilih.

Fitur yang Perlu Diperhatikan

Ukuran

Untuk bayi yang diberi ASI atau susu formula, ukuran alat sterilizer memainkan peran penting. Mama akan menggunakan setidaknya 6-8 botol susu dalam sehari untuk digunakan si kecil. Beberapa botol memiliki leher yang lebih lebar, sehingga menempati ruang yang lebih besar di dalam alat sterilizer. Oleh karena itu, pilihlah alat sterilisasi yang dapat dengan mudah menampung 6-8 botol.

Keserbagunaan

Pilih alat sterilizer yang sifatnya serbaguna. Saat bayi tumbuh, barang pecah belah mereka juga akan bertambah banyak dan beragam. Beli alat sterilisasi yang dapat menampung botol, sendok, dot, mangkuk, cangkir, dan peralatan lainnya.

Proses sterilisasi

Tidak ada yang lebih buruk daripada melihat bayi menangis karena lapar saat menunggu dot selesai dilakukan sterilisasi. Siklus sterilisasi bervariasi dari alat sterilisasi ke alat sterilisasi. Dibutuhkan sekitar 2-10 menit untuk proses yang lengkap. Cari alat sterilisasi yang menggunakan lebih sedikit air untuk sterilisasi karena lebih banyak air berarti lebih banyak waktu.

Bebas BPA

Alat sterilisasi harus mudah dan aman digunakan. Itu harus terbuat dari plastik bebas BPA. Alat sterilisasi juga harus tahan lama. Seiring waktu, plastik cenderung menjadi lunak dan dapat menyebabkan kecelakaan. Jadi Mama harus memilih sterilizer botol ASI yang bebas BPA, tahan lama, dan kokoh sangatlah penting.

Menggunakan sterilizer menjadi kebutuhan penting apalagi jika peralatan makan atau minum bayi sudah mulai banyak. Harga alat sterilizer yang mahal bisa menjadi hambatan bagi Mama untuk menggunakan alat ini. Tapi, Mama tidak perlu khawatir karena saat ini bisa menyewa alat sterilizer botol ASI tanpa harus membelinya. Sewa alat melalui website Mamasewa yang menyediakan sterilizer lengkap, Mama bisa memilih sterilizer UV atau sterilizer uap untuk disewa.

Durasi sewa beragam, mulai dari satu bulan hingga tiga bulan. Merek yang tersedia merupakan merek-merek berkualitas yang sudah terjamin keamanan dan keandalannya. Yuk segera kunjungi website Mamasewa.com untuk sewa sterilizer terbaik.

 

Tinggalkan Balasan