Membuat mainan edukatif dari kardus bekas bersama si kecil tentu saja menjadi kegiatan seru. Terlebih dilakukan ketika masa liburan si kecil tiba. Selain menghemat biaya, juga mengajarkan si kecil supaya memanfaatkan barang bekas dengan baik sehingga tidak menimbulkan banyak sampah untuk lingkungan.

Nah, jika Mam mencari tahu apa saja sih memangnya mainan edukatif yang bisa dibuat dari kardus bekas? Mam bisa ya menyimak penjelasan berikut. Yuk, langsung simak lalu praktikan bersama anak kesayangan, Mam.

1. Tempat Parkir untuk Mobil Mini si Anak

mainan edukatif dari kardus bekas
A photo by BBC Creative on Unsplash

Jika Mam memiliki anak yang hobi mengoleksi mobil kecil, baik dari hadiah ciki atau sengaja membelinya, bisa nih Mam mengajak si kecil dengan membuat tempat parkir buatan dengan kardus bekas.

Caranya tentu saja mudah sekali. Mam tinggal mencari kardus bekas lalu membelahkan menjadi dua. Gambar kardus tersebut sesuai dengan area tempat parkir pada umumnya dengan ukuran sesuai dengan ukuran mobil yang dipunyai si kecil.

Mainan edukatif dari kardus bekas ini akan membuat si kecil bisa menata mobil-mobil mininya sesuai aturan.

2. Lubang Angka dan Belajar Menghitung

Tidak perlu ribet-ribet membuat mainan edukatif dari kardus bekas deh, Mam. Mam dan si kecil tinggal menggambar beberapa kotak di atasnya, diberi angka sesuai keinginan lalu memberi nomor pada angka di garis kotak yang dibuat.

Mainan itu disebut dengan lubang angka. Nantinya, mainan tersebut bisa dimainkan dengan cara Mam memberikan tebakan berupa penjumlahan sederhana ke si kecil. Mam bisa menggunakan kelereng, baru kecil, atau bahkan permen.

Mam suruh si kecil untuk memasukkan kelereng, batu kecil, atau permen sesuai dengan jumlah yang Mam sebutkan. Hasilnya nanti si kecil ambil dengan cara dikeluarkan dari kardus untuk si kecil hitung jumlahnya.

3. Labirin Kelereng

mainan edukatif dari kardus bekas
A photo by Paige Cody on Unsplash

Siapa sih anak kecil yang tidak suka ketika melihat kelereng? Jika zaman dahulu kelereng hanya bisa dimainkan dengan cara melemparnya ke satu tumpukan kelereng sehingga semua kelereng melewati garis untuk menentukan pemenangnya, sekarang bisa dimainkan dengan banyak cara loh, Mam. Salah satunya adalah dengan dibuatkan labirin kelereng!

Labirin kelereng ini bisa membantu si kecil untuk melatih sabar dan kreativitas. Jadi, saat memainkannya si kecil tahu tahu jalan mana nih yang bisa dia ambil untuk membuat kelereng lolos dari labirin.

Cara membuatnya tentu saja gampang sekali. Untuk membuat mainan edukatif dari kardus bekas ini tentu saja membutuhkan kardus bekas untuk menjadi ruang labirinnya. Lalu Mam juga harus menyiapkan sedotan atau ranting kecil sebagai sekat labirin. Lem sedotan atau ranting kecil itu di beberapa tempat sesuai pola labirin yang Mam dan si kecil rancang ya.

Setelah itu, jadi deh. Tinggal tunggu lem mengering supaya saat dimainkan lebih awet dan aman.

4. Boneka Kardus Sederhana

Untuk seru-seruan bersama anak saat memang tidak ada kegiatan, Mam bisa nih mengajak anak untuk membuat boneka kardus. Boneka ini nantinya akan mendapatkan hasil seperti spongebob karena ukurannya kotak ya, Mam.

Gampang sekali cara membuat mainana edukatif dari kardus bekas ini, Mam. Kardus bekas berukuran persegi panjang tinggal Mam dan si kecil gambar wajah dan pakaiannya. Jadilah boneka kardus yang bisa si anak gunakan untuk “teman” mainnya.

5. Miniatur Akuarium

Anak-anak tentu saja akan gemas ketika melihat ikan-ikan lucu di dalam akuarium kan, Mam? Nah, daripada memberikan akuarium sungguhan beserha ikan hiasnya lalu akan berakhir akuarium diobok-obok oleh anak, mending membuat miniatur akuarium deh, Mam.

Yang Mam butuhkan untuk membuat miniatur akuarium ini adalah kardus bekas berukuran sedang. Lubangi bagian depan kardus sesuai ukuran yang dikehendaki lalu ganti dengan plastik transparan.

Kreativitas si kecil akan diperlukan untuk menggambar bagian dalam kardus sesuai dengan pemandangan khas akuarium nih, Mam. Pembuatan ikan juga dilakukan untuk melatih seni anak-anak. Ikan-ikannya dibuat dengan kardus lain yang kemudian digantung menggunakan benang di kardus bagian atas.

Nanti hasil akhirnya, ikan-ikan tersebut seolah-olah berenang di dalam akuarium. Cantik.

Itulah 5 mainan edukatif dari kardus bekas yang bisa Mam buat bersama si kecil. Lucu dan mudah kan cara buatnya? Terlebih, prosesnya yang tidak sebentar tentu saja akan membuat si kecil tahu apa arti kesabaran dan hasil dari sebuah usaha. Wah, pokoknya paket komplit deh karena bisa mengajarkan si kecil banyak hal dari kegiatan ini.

Meskipun kegiatan membuat mainan sendiri sangat seru, terkadang si kecil tetap butuh mainan yang ia inginkan ya, Mam. Apalagi kalau melihat temannya memegang mainan baru yang bagus, pasti dia iri.

Nah, Mam bisa loh menyewanya alih-alih memberi baru di toko dengan harga mahal. Mainan besar seperti rumah-rumahan hingga mobil-mobilan bisa Mam dapatkan dengan cara menyewanya. Selain menghemat budget, Mam juga bisa menghemat tempat karena setelah si kecil bosan dengan mainan tersebut, Mam bisa mengembalikannya di tempat sewa.

Akan tetapi, ingat ya, Mam, jangan sembarangan menyewa. Sebab, tidak semua tempat sewa mainan anak menjaga kualitasnya. Mam harus lebih teliti. Nah, Mamasewa.com sangat menjaga kehigienisan semua barang sewaannya nih, Mam, jadi Mam tidak perlu khawatir jika menyewa di sini. Banyak pilihan barang dengan kualitas bagus dan harga sesuai budget deh.

Tinggalkan Balasan