Ada banyak sekali pilihan kursi makan anak mulai dari bentuk, merk, ukuran, serta fitur-fitur yang ditawarkan. Umumnya kursi makan anak atau dapat disebut juga dengan high chair, sangat dibutuhkan ketika si Kecil memasuki masa MPASI. Apakah Mama sudah memilih kursi yang cocok untuk si Kecil?

Tentunya Mama tidak boleh sembarangan dalam memilih perlengkapan yang akan digunakan oleh si Kecil. Mama perlu memperhatikan beberapa aspek penting yang akan mempengaruhi penggunaannya dalam jangka panjang. Sebelum kita masuk ke tips untuk memilih kursi makan anak, pahami dulu yuk kapan sih waktu yang tepat untuk si Kecil menggunakan high chair?

Kapan Waktu yang Tepat untuk Menggunakan Kursi Makan Anak?

kursi makan bayi
Photo by hui sang on Unsplash

Ada baiknya sebelum memilih kursi makan yang sesuai, Mama perlu menentukan terlebih dahulu waktu yang tepat untuk si Kecil memulai pengalaman makannya di sebuah kursi. Terdapat beberapa tahap perkembangan yang harus dipenuhi sebagai syarat aman bahwa si Kecil sudah siap duduk di high chair.

Umumnya pada usia 4-6 bulan si Kecil sudah bisa memposisikan dirinya duduk tanpa bantuan. Meski begitu, Mama tidak boleh tergesa-gesa menjadikan tahap ini sebagai acuan. Pastikan bahwa si Kecil bener-bener bisa mengatur keseimbangan saat duduk dengan tidak terombang-ambing. Ia juga harus mampu mengangkat dan menopang kepalanya secara sempurna.

Tahapan lain yang dapat Mama jadikan sebagai acuan waktu yang tepat untuk menggunakan kursi makan adalah saat si Kecil sudah mulai makan makanan padat atau dalam masa MPASI. High chair berguna untuk membantu Mama dalam menjaga si Kecil berada di tempat yang aman sementara Mama menyiapkan makanan.

Selain itu, dengan menggunakan kursi makan si Kecil juga dapat bergabung dalam kegiatan keluarga yang mana sangat bagus untuk perkembangan sosialnya.

 Tips Memilih Kursi Makan Anak Terbaik untuk Si Kecil

kursi makan bayi
Photo by Chris Benson on Unsplash

1. Kebersihan dari Kursi Makan Anak

Waktu makan adalah waktunya si Kecil untuk bereksplorasi yang ditandai dengan makanan bertebaran kemana-mana. Berantakan saat makan merupakan salah satu sifat alamiah bayi. Mengingat hal tersebut Mama tentunya ingin bisa membersihkan kursi makan anak dengan mudah demi selalu menjaga kebersihan perlengkapan si Kecil.

Untuk memudahkan kegiatan pembersihan tersebut, Mama disarankan untuk memilih kursi makan yang tidak banyak memiliki bagian terpisah dan mudah dirangkai. Banyaknya celah dalam kursi makan mengakibatkan sisa-sisa makanan akan tertinggal dan menumpuk yang kemudian akan menjadi sarang kuman.

2. Pastikan Kursi Memiliki Daya Tahan yang Tinggi

Mama pasti menginginkan peralatan yang memiliki umur panjang dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama, kan? Ketahanan kursi makan menjadi salah satu aspek yang perlu diperhatikan saat memilih high chair. Perhatikan bahan dan kerangka penyusunnya, pastikan bahwa cukup kokoh untuk kursi makan anak.

3. Kursi Makan Anak Wajib Dilengkapi Alat Pengaman

Standar keamanan yang harus ada pada kursi makan adalah tali atau sabuk pengaman. Usahakan sabuk pengaman yang terpasang mudah ditekuk, dilepas, dan memiliki banyak titik. Sabuk pengaman di bagian kaki juga sangat penting pada high chair untuk menjaga si Kecil dapat duduk nyaman dan menghindari kecelakaan.

Periksa juga sambungan antar bagian-bagian kursi yang terbuka dan mudah dijangkau oleh si Kecil karena bisa terjepit. Akan lebih baik jika kursi makan pilihan Mama sudah tersertifikasi dan berstandar nasional.

4. Perhatikan Ukuran dan Sesuaikan dengan Kebutuhan si Kecil

Jika Mama memiliki rumah yang mungil dan tidak memiliki banyak ruang, maka Mama perlu mempertimbangkan ukuran kursi makan anak. Kursi makan bukanlah barang yang kecil dan cukup memakan ruang di dalam rumah. High chair dengan desain dapat dilipat bisa menjadi solusi terbaik.

Selain tidak membutuhkan banyak ruang, high chair yang dapat dilipat juga akan memudahkan Mama untuk melakukan mobilitas karena mudah dibawa dan dipindahkan.

5. Kenyamanan si Kecil Adalah yang Utama

kursi makan bayi
www.mamasewa.com

Apakah si Kecil akan betah berlama-lama berada di high chair? Pertanyaan tersebut menjadi salah satu tolak ukur penting dalam memilih kursi makani. Dari berbagai jenis pilihan high chair, yang paling menentukan dan perlu Mama perhatikan adalah kenyamanan si Kecil.

Sebelum Mama menentukan pilihan ada baiknya Mama mencoba beberapa jenis high chair untuk menentukan apakah si Kecil akan nyaman dan betah duduk di atasnya. Bagaimana caranya? Tenang, di Mamasewa ada berbagai jenis high chair dengan kualitas terbaik. Mama dapat menyewanya dan mencobanya di rumah selama beberapa bulan dan juga untuk membiasakan si Kecil menggunakannya.

Biaya sewa yang sangat terjangkau akan membantu Mama mengurangi pengeluaran yang terlalu besar untuk membeli high chair yang mungkin tidak sesuai dengan si Kecil.

Itulah beberapa tips bermanfaat yang dapat Mama gunakan sebagai pertimbangan sebelum membeli kursi makan anak. Pastikan untuk selalu menggunakan barang-barang berkualitas seperti yang disediakan oleh Mamasewa. Mama hebat, Mama hemat!

Tinggalkan Balasan