Makanan pendamping asi merupakan salah satu tahap ketika si kecil diperkenalkan dengan jenis makanan yang lebih bertekstur. Terdapat berbagai macam jenis dan perlengkapan MPASI yang yang perlu mama persiapkan.

Kapan Perlu Mempersiapkan Perlengkapan MPASI?

perlengkapan MPASI
Photo by Logan Cameron on Unsplash

Umumnya MPASI mulai diperkenalkan pada usia 6 bulan karena si kecil membutuhkan nutrisi lebih yang belum terkandung dalam asi. Terdapat beberapa syarat atau indikator yang ditentukan oleh para ahli untuk menentukan apakah si kecil sudah siap untuk dikenalkan pada MPASI.

Jika si kecil sudah dapat duduk dengan baik, dapat menopang kepalanya dengan tegak, mampu mengunyah, sengaja memasukkan makanan ke dalam mulut, dan mulai penasaran ketika melihat orang tuanya makan itu tandanya Mama sudah harus mulai mempersiapkan perlengkapan MPASI.

Jenis Makanan yang Disarankan dan Perlu Dihindari saat MPASI

Sebelum mempersiapkan perlengkapan MPASI, Mama perlu mengetahui dulu jenis makanan apa yang direkomendasikan dan harus dihindari ketika MPASI

Makanan pertama si kecil

Saat pertama kali mencoba makanan, yang paling penting bukanlah tentang seberapa banyak porsi yang si kecil makan namun seberapa banyak variasi makanan yang dapat ia coba. Pada tahap awal bebaskan si kecil untuk mengeksplorasi rasa, tekstur, dan bentuk dari makanan yang ia makan.

 Mencampurkan makanan dengan sedikit ASI atau susu formula dapat mempermudah si kecil mengenali dan menerima suapan pertamanya. Beberapa makanan yang dapat Mama pilih pada tahap ini adalah sayuran lunak yang dimasak dan dihaluskan seperti brokoli, wortel, kentang, dan labu.

Selain itu Mama juga dapat mencoba buah-buahan lunak seperti pisang, mangga, blueberry, dan alpukat. Sebagai makanan utama atau sumber karbohidrat Mama bisa memberikan sereal kepada si kecil seperti oatmeal atau nasi yang telah dimasak dan dihaluskan hingga teksturnya sesuai menggunakan perlengkapan MPASI.

Jenis makanan padat yang direkomendasikan

perlengkapan MPASI
Photo by kazuend on Unsplash

Untuk memperkaya variasi makanan yang diberikan sebanyak tiga kali sehari untuk si kecil, Mama bisa mencoba berbagai asupan protein seperti telur, daging, ayam, dan ikan yang dihilangkan tulangnya kemudian dihaluskan. Pastikan semua makanan dimasak dengan baik.

Sebagai asupan kalsium tambahan Mama bisa memberikan si kecil olahan susu kaya lemak seperti yogurt polos dan keju. Sereal dan biji-bijian yang kaya akan serat juga dapat menjadi pilihan yang baik.

Dalam tahap MPASI yang perlu Mama perhatikan adalah jumlah nutrisi yang terkandung dalam makanan dan jenis tekstur yang diberikan. Usahakan seiring dengan bertambahnya usia si kecil, maka makanan yang diberikan juga lebih mengandung gizi lengkap dan teksturnya semakin padat.

Makanan yang perlu dihindari

Meskipun mencoba berbagai jenis makanan sangat disarankan bagi si kecil, namun Mama perlu memperhatikan makanan-makanan yang mungkin bisa berbahaya bila dikonsumsi oleh si kecil. Jangan memberikan madu kepada anak dibawah usia 12 bulan karena dapat berisiko keracunan.

Pastikan semua makanan yang diproses menggunakan perlengkapan MPASI sudah matang sempurna namun tidak terlalu matang. Makanan yang setengah matang berpotensi mengandung banyak bakteri. Sedangkan makanan yang terlalu matang akan kehilangan kandungan penting di dalamnya.

Hindari memproses makanan atau minuman dengan menambahkan gula atau garam secara berlebihan. Makanan atau minuman yang terlalu manis dapat merusak gigi. Sedangkan garam yang berlebih akan mempersulit kerja ginjal pada si kecil.

3 Kategori Perlengkapan MPASI

perlengkapan MPASI
Photo by Tanaphong Toochinda on Unsplash

1. Perlengkapan MPASI Utama

Terdapat beberapa perlengkapan MPASI utama yang harusnya sudah Mama miliki di dapur sebagai alat memasak. Selain digunakan dalam proses memasak sehari-hari, perlengkapan ini juga dapat membantu Mama dalam mempersiapkan MPASI si kecil.

  • Panci
  • Pisau
  • Talenan
  • Pembuka kaleng
  • Pengupas sayuran
  • Penghancur kentang
  • Sendok dan garpu

2. Perlengkapan MPASI yang Baik untuk Dimiliki

Perlengkapan dalam kategori ini dapat melengkapi pengalaman si kecil dalam tahap MPASI. Beberapa diantaranya juga dapat membantu Mama mempersiapkan MPASI dengan lebih baik.

  • Bibs
  • Perlak makan
  • Kursi makan anak
  • Sendok bayi
  • Gelas plastik terbuka
  • Mangkuk bayi yang dapat menempel ke meja
  • Blender tangan
  • Panci kecil
  • Tas kedap dingin untuk membawa makanan saat keluar

3. Perlengkapan MPASI yang Dapat Memudahkan

Beberapa perlengkapan MPASI dalam kategori ini memiliki harga yang lebih tinggi dari dua kategori sebelumnya. Meski tidak wajib dimiliki, perlengkapan berikut dapat lebih memudahkan Mama dalam mempersiapkan dan menjaga kualitas MPASI si kecil.

Tahap MPASI merupakan sebuah tahapan transisi untuk mengenalkan si kecil terhadap makanan sebelum ia mulai makan makanan yang sama seperti kita. Tentunya Mama ingin melengkapi semua perlengkapan di atas demi memberikan yang terbaik bagi si kecil.

Namun mengingat harga masing-masing perlengkapan yang tidak murah dan pemakaian yang cenderung singkat, Mama pasti masih menimbang apakah perlu membeli semua perlengkapan tersebut. Sekarang Mama tak perlu khawatir, berbagai perlengkapan MPASI lengkap dapat Mamasewa.com dengan harga yang lebih terjangkau di Mamasewa.com.

Tinggalkan Balasan