jadwal makan bayi 6 bulan
Young mother photo created by senivpetro – www.freepik.com

Memasuki usia 6 bulan si Kecil, biasanya para Mam mulai deg-degan nih. Sebab, pada usia ini si Kecil akan memasuki fase MPASI. Apakah proses MPASI pertama bisa berjalan lancar ataukah akan banyak tantangan? Nah Mam, salah satu upaya menyiapkan MPASI si Kecil agar berjalan lancar adalah dengan memahami jadwal makan bayi 6 bulan. Memahami jadwal makan bayi sangat penting, agar Mam dapat memberikan asupan gizi ideal sesuai anjuran ahli gizi dan kesehatan anak.

Salah satu upaya persiapan MPASI pada si Kecil yaitu dengan memahami jadwal makan bayi 6 bulan. Pemberian MPASI sesuai dengan usia si Kecil tentu akan membantu Mam menemukan pola makan yang tepat untuk buah hati tercinta.

Bagaimana Jadwal Makan Bayi 6 Bulan yang Ideal?

Mom and son photo created by cookie_studio – www.freepik.com

Memulai MPASI untuk si Kecil sebaiknya dilakukan secara perlahan. Maksudnya, Mam tak perlu terburu-buru mengharapkan si Kecil langsung lahap dengan makanannya, namun ikuti prosesnya pelan-pelan sambil mendukung si Kecil beradaptasi dengan fase barunya. Untuk menambah ‘bekal ‘Mam, yuk simak jadwal makan bayi 6 bulan yang ideal rekomendasi dari Kemenkes RI berikut ini!

  • 06.00-07.00: ASI saja, dengan porsi sesuai yang diinginkan si Kecil
  • 09.00-10.00: Buah halus (puree), dengan porsi 2-3 sendok makan terlebih dahulu
  • 12.00-12.30: ASI saja, sesuai kebutuhan si Kecil
  • 14.00-15.00: Buah halus (puree), dengan porsi 2-3 sendok makan terlebih dahulu
  • 17.30-18.00: ASI saja, porsi sesuai yang diinginkan si Kecil
  • 20.00-21.00: ASI saja, sesuai kebutuhan si Kecil

Jadwal makan bayi 6 bulan di atas bersifat rekomendasi ya Mam. Perlu dipahami bahwa setiap bayi memiliki perbedaan dalam menentukan jadwal makan di usia 6 bulan ini. Mama dapat melakukan beberapa kali percobaan agar mendapatkan formula yang pas buat si Kecil 5

Cara Memulai MPASI Untuk Si Kecil

Fresh food photo created by Racool_studio – www.freepik.com

Buat Mam yang baru pertama kali akan memulai MPASI untuk si Kecil, tentunya masih memiliki banyak pertanyaan tentang bagaimana cara melakukannya dengan benar. Maka dari itu, yuk simak beberapa tips MPASI dan kaitannya dengan jadwal makan bayi 6 bulan berikut ini!

1. Mama Tak Boleh Cemas

Penerimaan terhadap Makanan Pendamping ASI pada bayi memang berbeda-beda. Jika si Kecil tidak langsung mau dengan makanan yang Mama siapkan, Mam tak perlu cemas dan berkecil hati karena hal ini merupakan bagian dari proses. Mam juga tetap bisa memberikan ASI pada si Kecil seperti biasanya.

Tips selanjutnya, coba dengan menyajikan menu makanan lain, sampai si Kecil dengan sukarela mau menerimanya. Tak perlu dipaksakan jika memang si Kecil masih menolak makanan tersebut, Mam. Apabila Mam sudah berhasil mendampingi si Kecil memakan makanan pertamanya, berikan menu lain setelah memberikan jeda selama 3 hari untuk memantau makanan pertama tersebut menyebabkan alergi atau tidak.   

2. Membuat Menu dengan Memadukan Lebih Dari Satu Bahan

Food flat lay photo created by freepik – www.freepik.com

Dalam proses memulai MPASI pertama si Kecil, Mam tentu menyiapkan berbagai cara dan solusi untuk kelancaran MPASI buah hati. Salah satu cara yang dapat Mam lakukan yaitu memadukan beberapa bahan dasar puree, seperti buah-buahan atau sayur-sayuran. Dengan mecampurkan beberapa bahan, menu makanan si Kecil lebih bervariasi dan kaya rasa. Sehingga, si Kecil akan lebih mudah menerimanya. Mam juga boleh memberikan sedikit selingan air putih disela-sela pemberian menu MPASI tersebut.

3. Menghindari Menu Makanan yang Dilarang untuk Bayi 6 Bulan

Dalam menentukan jadwal makan bayi 6 bulan, termasuk memberikan menu apa saja yang boleh dan dilarang tentu harus Mam pahami terlebih dahulu. Seperti menghindari susu sapi dan madu sebagai bahan MPASI si Kecil. Mam juga dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis anak untuk mengetahui makanan apa saja yang dilarang untuk bayi usia 6 bulan.

4. Memilih Panduan Menu MPASI yang Tepat

Baby eat photo created by freepik – www.freepik.com

Banyaknya informasi panduan menu MPASI tak jarang membuat Mam langsung percaya pada sumber atau panduan tertentu. Sebaiknya Mam melakukan cross-check dulu sebelum mempraktekkan informasi yang Mam dapatkan dari platform tertentu atau internet. Mam juga dapat menanyakan langsung kepada dokter anak yang terpercaya mengenai panduan MPASI yang tepat.

Merencanakan jadwal makan bayi 6 bulan tidaklah terlalu sulit, jika Mam menyiapkannya sesuai prosedur dokter spesialis anak yang terpercaya. Mam juga dapat mempelajarinya dari berbagai sumber informasi yang terpercaya lainnya, seperti website mamasewa.com, yang menyajikan berbagai informasi seputar Mama dan si Kecil secara lengkap dan akurat.

Tinggalkan Balasan