Bayi Kembar

Memiliki bayi kembang mungkin adalah satu anugerah besar yang Mama terima. Pasalnya, hal ini tidak terjadi pada setiap kehamilan. Pada jenis kelahiran bayi kembar identik misalnya, hanya terjadi pada 3 sampai 4 kali saja dalam skala kelahiran 1000 bayi hidup. Memang, banyak faktor yang menyebabkan Mama bisa memiliki bayi kembar (bisa lebih dari kembar dua sekaligus), namun tetap saja, hal ini akan jadi anugerah yang sangat indah dan tidak terlupakan.

Nah, jika Mama memiliki bayi kembar, atau sedang mendambakannya, Mama bisa lihat beberapa fakta unik yang dituliskan di bawah ini. Sekaligus, ada sedikit tips dan trik mengurus dan merawat buah hati kesayangan Mama agar mereka tumbuh dengan optimal. Check this out!

Fakta Unik Bayi Kembar

Bayi Kembar

Karena kelahirannya saja sudah menjadi satu hal unik tersendiri, mari simak beberapa fakta unik lain yang juga ada pada kondisi bayi lahir dengan saudara kembar.

Beberapa Jenis Kembar

Kembar tidak selalu berarti sama persis secara fisik, namun juga bisa diartikan lahir pada waktu yang bersamaan. Terdapat beberapa jenis kembar, di antaranya adalah kembar identik (yang memiliki fisik serupa karena berasal dari satu sel telur dan satu sel sperma yang kemudian membelah), dan kembar fraternal (yang berasal dari dua sel telur berbeda di satu rahim yang dibuahi oleh dua sel sperma berbeda) yang tidak memiliki bentuk fisik serupa.

Ikatan Batin Bayi Kembar

Pada banyak kejadian, bayi dengan kondisi kembar dipercaya memiliki ikatan batin yang kuat. Pada minggu ke 14 kehamilan Mama, bisanya si kembar sudah melakukan gerakan yang disengaja, seperti tengah berinteraksi.

Proses Melahirkan Berisiko

Kebanyakan bayi kembar dilahirkan melalui proses caesar. Hal ini dilakukan guna mengupayakan keselamatan dari Mama dan si kembar yang akan lahir.

Peluang Lebih Tinggi ketika Mengikuti Program

Hal ini dikarenakan ketika Mama mengikuti terapi kesuburan maka dokter akan memberikan obat agar ovarium melepaskan lebih banyak sel telur untuk meningkatkan peluang kehamilan. Pada prosedur bayi tabung, hal yang sama juga dilakukan guna meningkatkan peluang terjadinya kehamilan.

Faktor Keturunan

Dipercaya hingga saat ini faktor keturunan memiliki pengaruh besar dalam kondisi kembar. Artinya jika Mama memiliki kakek atau nenek atau leluhur yang kembar, kemungkinan terjadi bayi dengan kondisi kembar akan meningkat.

Lahir Prematur

Karena ukuran kandungan cenderung lebih besar dari ukuran normal, maka kondisi kembar juga kemungkinan besar akan lahir secara prematur. Pada penelitian yang dilakukan, kondisi kembar dua biasanya lahir pada minggu ke 34 sampai ke 36 usia kehamilan.

Menarik juga ya Mama fakta-fakta tersebut? Apakah Mama memiliki keinginan untuk melahirkan anak kembar? Jika ya, mungkin beberapa fakta di atas bisa menjadi referensi yang tepat. Tentu saja, semua pertimbangan yang dilakukan wajib mendapat rekomendasi dari dokter, agar upaya yang Mama lakukan bisa memiliki hasil terbaik dengan resiko minimal.

Tapi bukankah repot mengurus bayi kembar?

Tips Mengurus Bayi Kembar untuk Mama

Bayi Kembar

Masuk pada tips mengurus bayi kembar, yang tentu saja akan menuntut banyak ketelatenan dan kesabaran dari Mama. Beberapa tips sederhana ini bisa berguna untuk membantu Mama mengurus si kembar, juga agar Mama tidak merasa kewalahan.

Jadwal yang Ketat

Mau tidak mau, Mama wajib memiliki jadwal yang teratur dan disiplin. Mulai dari jadwal menyusui, jadwal tidur, jadwal mengganti popok si kembar, hingga jadwal kegiatan lain. Mungkin untuk Mama yang sudah berpengalaman mengurus satu anak, hal ini akan bisa dipahami lebih sederhana, hanya saja kali ini Mama memiliki anak kembar yang harus mendapat treatment serupa.

Menyusui Bersamaan, Kenapa Tidak?

Akan sangat repot pastinya jika dibayangkan untuk menyusui si kembar dalam waktu yang bersamaan. Meski demikian pada prakteknya Mama tidak perlu secara harafiah menyusui keduanya pada waktu yang sama dengan cara yang sama. Mama bisa memanfaatkan peralatan pompa ASI (misalnya seperti Spectra Compact yang sangat mudah digunakan) untuk menyimpan ASI terlebih dahulu, dan memberikannya pada si kembar pada waktu yang bersamaan. Hal ini bisa bergantian agar keduanya juga mendapat waktu bonding yang sama dengan Mama.

Jangan Lupa Gunakan Peralatan Khusus Bayi Kembar

Alih-alih harus membeli dua barang atau alat pada saat yang bersamaan untuk digunakan oleh si kembar, Mama bisa menggunakan peralatan yang memang dikhususkan untuk bayi kembar. Secara finansial, hal ini akan membuat Mama berbelanja lebih efektif. Hingga usia tertentu mereka tak bisa lagi menggunakan alat yang sama, Mama bisa mulai membeli peralatan yang berbeda. Tapi apa harus selalu membeli barang baru? Bagaimana jika Mama bisa menyewanya saja untuk kurun waktu tertentu?

Untuk Faktor Kesehatan, Pastikan Keduanya Aman

Faktor kesehatan menjadi satu permasalahan tersendiri. Pasalnya, si kembar biasanya akan lahir secara prematur, yang artinya tubuh mereka belum memiliki daya tahan tubuh yang optimal. Ketika ada satu anak yang tengah menderita gangguan kesehatan, upayakan untuk menjaga anak lain dalam jarak aman. Bukan bermaksud memisahkan mereka, namun demi kesehatan keduanya, hal ini perlu dilakukan.

Bagaimana? Cukup simple dan mudah dilakukan bukan tips yang disebutkan di atas tadi? Well untuk urusan peralatan bayi kembar dan hal-hal lainnya, Mama bisa mempercayakannya pada mamasewa.com. Di sini Mama bebas menyewa berbagai peralatan, seperti yang disebutkan di atas seperti Medela Swing Maxi yang berguna untuk memompa ASI, dengan harga yang terjangkau. Jadi Mama tak perlu mengeluarkan banyak uang membeli peralatan baru yang hanya digunakan sementara waktu. Solusi cerdas Mama modern, semuanya tersedia di mamasewa.com!

Tinggalkan Balasan