Egrang salah satu permainan tradisional Indonesia, telah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya dan kehidupan masyarakat. Cara bermain egrang juga sangat unik sehingga berdampak baik untuk pertumbuhan anak.

Dengan menggunakan alat berupa dua potong bambu, egrang menawarkan pengalaman bermain yang mengasyikan. Dalam artikel ini, Mama akan menjelajahi cara bermain hingga memahami lebih dalam keunikan egrang.

Mengenal Permainan Egrang

Egrang adalah permainan tradisional yang melibatkan pemain berjalan di atas kayu yang tinggi. Egrang terbuat dari dua potong kayu yang diikatkan pada bagian bawah sepatu, menciptakan platform yang tinggi di atas tanah bagi para pemainnya.

Filosofi permainan egrang berasal dari Lampung yang mengacu pada terompah pancung yang terbuat dari bambu bulat dan memiliki panjang tertentu.

Di Jawa, cara bermain egrang ini terdapat dua variasi utama, yakni egrang bambu dan egrang batok kelapa.

Egrang batok kelapa cenderung dianggap lebih mudah dimainkan karena tidak memerlukan tingkat keseimbangan tubuh yang tinggi. Sementara, egrang bambu memerlukan latihan khusus agar pemainnya tidak mudah terjatuh.

Cara Bermain Egrang

Bermain egrang bukan sekadar aktivitas rekreasi saja, akan tetapi sebagai pintu masuk ke berbagai manfaat kesehatan fisik dan pengembangan keterampilan.

Hal ini tentu sangat baik untuk anak, terlebih lagi bagi yang sedang masa pertumbuhan.

Asyiknya bermain egrang akan membuat anak banyak belajar hal baru sekaligus meningkatkan daya otot tubuh serta keseimbangan. Anak akan berhadapan dengan berbagai kesulitan kecil yang menantang diri dalam mencapai sesuatu.

Berikut adalah petunjuk langkah demi langkah untuk memandu sikecil dalam bermain egrang:

1. Menyiapkan Egrang

Langkah pertama adalah cara membuat egrang agar bisa si kecil mainkan. Egrang dapat terbuat dari bambu atau batok kelapa, tergantung pada jenis egrang yang Mama pilih.

Pastikan bahwa egrang yang Mama buat memiliki tingkat  kestabilan dan kokoh yang tinggi serta memiliki panjang yang sesuai dengan tinggi anak.

2. Menyusun Egrang di Kaki

Selanjutnya, pasang egrang pada kedua kaki si kecil. Tempatkan egrang di bagian tengah telapak kaki, dan pastikan egrang tersebut terikat dengan kuat untuk mencegahnya bergeser saat bergerak.

3. Mengenakan Sepatu yang Aman

Sebelum mulai bermain, pastikan anak Mama mengenakan sepatu yang nyaman dan aman. Hal ini akan memberikan cengkeraman ekstra pada egrang dan membantu mencegah cedera apabila terjadi hal yang tidak ingin Mama harapkan.

Pastikan sepatu tersebut terpasang dengan rapat pada egrang untuk memastikan kaki si kecil tetap stabil. Pilihlah ukuran sepatu yang memang pas dengan ukuran kaki anak agar tetap nyaman dan aman.

4. Praktek Keseimbangan di Tempat Aman

Sebelum mencoba trik atau berjalan jauh untuk cara bermain egrang, praktekkan keseimbangan di tempat yang aman. Coba berdiri dengan kedua kaki di atas egrang dan biarkan si kecil untuk merasakan sensasi keseimbangan.

5. Berjalan dengan Egrang

cara bermain egrang
Source: detik.com

Ajarkan si kecil untuk memulai dengan langkah-langkah sederhana. Pertama, berjalanlah dengan egrang secara perlahan. Pastikan untuk memusatkan berat tubuh pada egrang dan menjaga pandangan lurus ke depan dalam menjaga keseimbangan.

6. Mengembangkan Trik dan Gerakan Kreatif

Saat anak terlihat semakin mahir, jangan ragu untuk menyuruh anak mengembangkan trik dan gerakan kreatif sendiri. 

Seperti mencoba berputar di udara, melompat dengan satu kaki,atau bahkan mengeksplorasi gerakan-gerakan akrobatik.

7. Ajak Bermain Bersama Teman

Egrang juga lebih seru ketika dimainkan bersama teman-teman. Ajaklah teman-teman si kecil untuk bergabung. Semakin ramai jumlah pemain egrang, maka akan berdampak baik pada tumbuh kembang dimensi anak terhadap sosial.

Manfaat Permainan Egrang

Banyak yang bisa anak Mama dapatkan dari langkah- langkah bermain egrang, terutama dalam melatih keseimbangan dan motorik anak. Tidak hanya itu, permainan ini juga akan melatih control dari gerak anak

Hal ini karena saat bermain egrang, maka otot pada tungkai, kaki, lengan, abdomen serta tangan berkinerja sehingga berdampak pada keseimbangan tubuh. Terlepas dari itu, permainan ini juga akan melatih keberanian dan kesabaran si kecil.

Berikut ini beberapa manfaat dari bermain egrang yang perlu Mama ketahui untuk anak:

1. Aktivitas Fisik yang Menyenangkan

manfaat dan cara bermain egrang
Manfaat Bermain Egrang

Gambar permainan egrang layaknya mengajak tubuh untuk bergerak dalam variasi gerakan yang melibatkan hampir semua bagian tubuh. Saat melompat, berjalan dan melakukan trik, tentunya memerlukan gerakan kontraksi otot.

Adanya kontraksi yang terjadi pada otot ini akan berkontribusi pada kebugaran fisik secara keseluruhan.

Aktivitas fisik yang menyenangkan ini tidak hanya meningkatkan kesehatan jantung tetapi juga membakar kalori dan meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Pengembangan Keterampilan Motorik

Bermain egrang membantu mengembangkan dua jenis keterampilan motorik, yaitu motorik halus dan kasar. Pemain perlu memiliki keterampilan motorik halus untuk mengendalikan gerakan yang lebih rumit, seperti melompat atau melakukan trik.

Sementara itu, keterampilan motorik kasar diperlukan untuk menjaga keseimbangan saat berjalan di atas egrang. Pengembangan keterampilan motorik ini dapat mendukung perkembangan anak-anak dan pemuda secara holistik.

3. Peningkatan Keseimbangan dan Koordinasi

Bermain egrang membutuhkan tingkat keseimbangan dan koordinasi yang tinggi. Pemain harus belajar mengontrol gerakan tubuh anak agar tetap seimbang di atas egrang. Hal ini agar si kecil tidak mudah terjatuh saat memainkannya.

Tentunya Ini bukan hanya tantangan fisik saja, tetapi juga latihan yang sangat baik untuk meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh serta keterampilan yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari si kecil.

4. Stimulasi Mental melalui Tantangan

Bermain egrang bukan hanya tentang aktivitas fisik, tetapi juga melibatkan stimulasi mental. Pemain harus tetap fokus dan berpikir cepat untuk menjaga keseimbangan dan berhasil melakukan trik.

Hal ini menciptakan tantangan mental yang merangsang otak, meningkatkan daya konsentrasi dan mengasah kemampuan berpikir secara cepat. Seiring dengan tumbuhnya perkembangan anak, maka akan berdampak pada kecerdasan si kecil.

5. Penguatan Otot dan Fleksibilitas

Egrang melibatkan gerakan yang mengaktifkan berbagai kelompok otot di tubuh, termasuk otot kaki, punggung dan inti. Melalui gerakan-gerakan ini egrang akan membantu membangun kekuatan otot dan meningkatkan fleksibilitas.

Cara ini dapat memberikan manfaat jangka panjang dalam menjaga tubuh tetap sehat dan berkinerja baik. Si kecil akan mendapatkan daya tubuh yang baik serta struktur badan yang sehat dan prima.

6. Peningkatan Percaya Diri

Bermain egrang melibatkan mengatasi berbagai tantangan dan setiap keberhasilan kecil di atas egrang dapat meningkatkan rasa percaya diri. Pemain belajar menghadapi ketakutan, mengatasi kesulitan dan akhirnya berhasil.

Adanya pencapaian ini akan membuat anak merasa bangga. Peningkatan percaya diri ini memiliki dampak positif pada perkembangan psikologis dan emosional pemain. Tentunya ini sangat baik untuk tumbuh kembang si kecil dalam sehari-hari.

Adanya cara bermain egrang akan membantu anak dalam melatih keseimbangan serta membangun massa otot yang baik dalam masa pertumbuhan. Terlepas dari itu, anak juga bisa mengembangkan kreativitas serta motorik daya pikir.

Selain bermain egrang, Mama juga bisa mengajak si kecil untuk bermain bersama dengan mainan lain. Yuk, intip Katalog Produk Mamasewa dan temukan mainan yang asyik buat si kecil.

Ada banyak permainan yang bisa Mama sewa untuk meningkatkan motorik anak. Harga sewa produknya terjangkau, dijamin Mama tidak akan menyesal. Cek katalog produk dari Mamasewa.com sekarang!

Tinggalkan Balasan