belajar menulis
People photo created by prostooleh – www.freepik.com

Si Kecil yang akan memasuki usia pendidikan dini biasanya mulai bereksplorasi banyak hal. Beberapa di antaranya adalah mewarnai dan belajar menulis. Pada fase ini Mama mungkin sudah mengenalkannya pada gambar dan warna, pena dan kertas, serta buku-buku dongeng. Sehingga nantinya saat si Kecil masuk ke sekolah formal, dapat lebih mudah beradaptasi dengan keterampilan tersebut.

Pada tahap perkembangan ini, si Kecil mulai suka corat-coret. Mama dapat membantu si Kecil belajar menulis dan meningkatkan keterampilan menulisnya dengan melakukan stimulasi. Lalu, bagaimana sih Ma, cara tepat mengajari si Kecil belajar menulis? Yuk, simak tipsnya berikut ini!

Tips Efektif Belajar Menulis pada Anak

1. Memililih Alat Tulis yang Tepat Untuk si Kecil

Pemilihan alat tulis yang tepat buat si Kecil sangat penting. Seberapa nyaman si Kecil menggunakan alat tulis tertentu, berpengaruh pada semangat belajarnya. Berikan alat tulis yang menarik perhatian si Kecil, seperti pena warna-warni dan kertas berwarna. Semakin betah dan giat si Kecil belajar menulis, maka kemampuannya juga semakin meningkat. Dengan alat tulis yang nyaman dan menarik, Mama dapat mengajari si Kecil menarik garis, membuat bentuk persegi, lingkaran, menirukan bentuk huruf, dan lain sebagainya. Dari sini eksplorasi menulis si Kecil dapat dikembangkan.

2. Memberikan Contoh Secara Rutin

belajar menulis
School photo created by diana.grytsku – www.freepik.com

Si Kecil pada di usia balita senang menirukan apa yang dilakukan orang dewasa di sekitarnya. Dalam membimbing anak belajar menulis, Mama bisa memberikan contoh kebiasaan menulis kepada si Kecil. Misalnya, Mama memberikan kertas yang bertuliskan nama menu makanan pada mangkok camilan si Kecil. Saat si Kecil merasa penasaran, Mama dapat mengajaknya menuliskan nama menu-menu makanan lain dan menempelnya di meja makan. Dengan demikian, ketertarikan si Kecil untuk menulis semakin besar. Hal ini dapat merangsang kemampuan menulisnya sedini mungkin.

3. Belajar Menulis di Tempat yang Nyaman

Siapkan tempat yang nyaman saat belajar menulis bersama si Kecil. Mama dapat menyiapkan playmat atau bumper bed yang empuk namun memiliki permukaan datar dan nyaman untuk menulis. Hindari memilih tempat belajar seperti tempat tidur, karena tempat tidur cenderung memiliki permukaan yang dinamis. Pastikan tempat belajar si Kecil di suasana yang tenang, agar ia mudah berkonsentrasi.

4. Melatih si Kecil Menulis Hal-hal Sederhana

Pahami apa yang bisa menjadi daya tarik bagi si Kecil. Dalam mengajari anak menulis, Mama dapat memilih cara yang paling dekat dengan ketertarikan si Kecil. Jika si Kecil suka dengan gambar-gambar hewan, buah, atau sayur, Mama dapat mengajaknya mencatat nama-nama pada gambar tersebut.

5. Belajar Menulis Kartu Ucapan

Momen ulang tahun atau hari-hari besar, dapat Mama manfaatkan untuk melatih si Kecil mengembangkan kemampuan menulisnya, yaitu dengan menulis kartu ucapan untuk orang-orang terdekat. Saat menulis kartu ucapan, si Kecil belajar menyampaikan pesan melalui tulisan. Semakin sering menuliskan pesan yang ingin ia sampaikan ke orang-orang tercintanya, maka semakin bagus pula kemampuan si Kecil dalam merangkai sebuah tulisan.

6. Sering Mengajak si Kecil Berdialog

belajar menulis
Baby photo created by prostooleh – www.freepik.com

Cara ampuh menstimulasi kemampuan menulis anak adalah dengan mengajaknya berdialog. Kemampuan komunikasi yang baik memberikan si Kecil berbagai wawasan kosa kata baru. Wawasan ini akan membantunya saat belajar menulis dan merangkai kata-kata. Kekayaan kosa kata yang dimiliki memudahkan si Kecil menemukan kata-kata yang tepat saat ia belajar menulis.

7. Perhatikan Mood si Kecil

Proses belajar pada anak akan memberikan hasil yang efektif jika si Kecil melakukannya dengan perasaan gembira. Sebelum mengajaknya belajar menulis, perhatikan dahulu bagaimana suasana hati si Kecil. Apakah ia siap untuk menerima pelajaran atau tidak. Jangan memaksakan si Kecil untuk belajar saat ia sedang mengantuk, atau saat ia sedang fokus pada kegiatan lain ya, Ma. Mama dapat bertanya dulu pada si Kecil kapan ia ingin belajar, agar saat melaksanakannya dalam kondisi siap belajar dan dalam keadaan mood yang baik.

8. Belajar Sambil Bermain

Membuat belajar seolah-olah seperti bermain dapat menjadi cara belajar yang efektif untuk anak. Begitu pun dengan belajar menulis, Mama dapat membantu si Kecil membuat belajar menjadi menyenangkan, seperti bermain lewat permainan-permainan. Misalnya bermain game batu-kertas-gunting, lalu siapa yang menang atau yang kalah harus menuliskan kata “menang, kalah, batu, kertas, atau gunting” kepada lawan bermain. Dari menulis satu atau dua kata sederhana, dapat menstimulasi keterampilan menulis pada si Kecil.

Gimana, nggak sulit kan Ma mengajari si Kecil belajar menulis secara efektif? Agar si Kecil semakin termotivasi belajar, yuk gunakan playmat atau bumper bed yang nyaman dan memiliki warna-warna menarik. Sewa playmat dan bumper bed anak berkualitas di Mamasewa.com, platform sewa perlengkapan anak terlengkap. Menyewa aja yuk, nggak perlu beli!

Tinggalkan Balasan