bayi rewel malam hari
Baby blanket photo created by jcomp – www.freepik.com

Memiliki bayi memang jadi salah satu berkah, sekaligus tantangan tersendiri untuk Mama. Menghadapi sikap yang muncul, kejutan-kejutan kecil yang muncul setiap hari, membuat Mama harus siap mental dan fisik. Yang paling umum terjadi, adalah saat bayi rewel malam hari, yang menuntut Mama selalu siaga untuk menenangkannya.

Tapi sebenarnya apa yang membuat bayi rewel di malam hari? Apa pula yang bisa dilakukan untuk menenangkan atau mengatasinya?

Sekilas terkait dua hal di atas, bisa Mama temukan di bawah ini. Untuk Mama yang baru pertama kali memiliki anak, semoga artikel ini bisa berguna. Dan untuk Mama yang sudah memiliki anak sebelumnya, mungkin bisa berkomentar dan menambahkan poin di dalam artikel ini.

Penyebab Bayi Rewel Malam Hari

bayi rewel malam hari
Mother care photo created by pvproductions – www.freepik.com

Meski terbilang normal, namun bayi rewel malam hari tetap perlu diketahui penyebabnya. Beberapa yang paling sering menjadi akar dari rewelnya bayi ini adalah sebagai berikut.

1. Menurunnya Tingkat Prolaktin

Prolaktin adalah hormon di dalam tubuh Mama yang menyebabkan Mama memproduksi ASI. Ketika keadaannya normal, maka prolaktin akan bisa memicu produksi ASI yang cukup. Namun lain halnya saat prolaktin menurun, yang berdampak langsung pada ASI yang bisa dikonsumsi si Kecil.

Saat si Kecil menerima ASI dalam jumlah sedikit, atau harus mendapatkannya dengan usaha yang besar, si Kecil cenderung akan rewel dan sulit tidur di malam hari.

2. Bayi Rewel Malam Hari karena Colic

Bayi rewel di malam hari juga bisa disebabkan oleh colic, atau sakit perut. Saat terjadi, hal ini bisa bertahan hingga setidaknya tiga minggu, dan muncul tiga kali dalam seminggu. Bayi rewel yang disebabkan colic akan sangat terlihat, karena berlangsung selama tiga jam tanpa henti.

Hal ini dikatakan sebagai proses alami tumbuh kembang. Biasanya terjadi pada usia dua hingga enam minggu, dan berangsur membaik saat ia menginjak usia 3 bulan.

3. Terdapat Gas yang Terjebak di Perut

Saat si Kecil menyusu, terkadang ada gas yang turut masuk ke dalam perutnya. Biasanya hal ini terjadi karena posisi menyusui yang kurang tepat, sehingga memicu gas masuk.

Gas yang terperangkap di dalam perut bisa menjadi pemicu si Kecil rewel saat malam, karena rasa tak nyaman yang ditimbulkannya. Si Kecil bisa merasakan nyeri, begah, dan berbagai sensasi tidak nyaman lain. Tentu saja, satu-satunya ekspresi yang bisa diberikan adalah menangis dan rewel.

4. Terlalu Lelah

Terkadang kondisi si Kecil yang terlalu lelah juga bisa jadi pemicu kenapa ia rewel saat malam tiba. Seperti orang dewasa, rasa lelah yang terlalu besar akan membuat tidur tidak nyaman, sehingga menimbulkan kegelisahan.

Pada bayi, yang muncul adalah rewel yang tidak ada hentinya. Mungkin Mama bisa mempertimbangkan waktu bermain dan stimulasi yang diberikan agar tidak terlalu banyak.

5. Menerima Stimulasi yang Berlebihan

Stimulasi memang hal yang wajib diberikan pada si Kecil, pada setiap fase tumbuh kembangnya. Namun antusiasme orang dewasa yang ada di sekitar si Kecil juga wajib dikontrol agar ia tak menerima terlalu banyak stimulus.

Si Kecil akan memproses stimulus ini secara bertahap. Dan ketika stimulus yang diterima terlalu banyak, si Kecil akan cepat merasa lelah karena tenaganya digunakan untuk menerima dan memproses semuanya.

Atasi Bayi Rewel Malam Hari dengan Cara Ini

bayi rewel malam hari
Breastfeed photo created by prostooleh – www.freepik.com

Dari kelima penyebab bayi rewel saat malam hari di atas, Mama bisa mencoba beberapa solusi di bawah ini untuk alternatif. Tentunya, Mama akan menemukan solusi paling baik saat sudah mengetahui apa yang jadi penyebab si Kecil rewel.

Kontak Kulit ke Kulit

Cara ini terbilang paling klasik, namun terbukti paling efektif. Saat si Kecil rewel, kontak kulit Mama ke kulit si Kecil sambil menenangkannya bisa jadi ampuh. Rasa nyaman yang muncul bisa membantu si Kecil lebih tenang, sehingga rewelnya lekas reda.hal ini juga dapat membantu perkembangan mental dan mengurangi stres pada bayi.

Kurangi Stimulasi yang Diberikan

Mengurangi stimulasi yang diberikan pada si Kecil juga bisa dicoba. Tidak sekedar dalam artian berhenti mengajaknya bermain, tapi juga mengurangi kebisingan, mengurangi aktivitas, dan mematikan lampu. Secara alami tubuh si Kecil akan mengenali sinyal tenang ini, dan perlahan tidak lagi rewel.

Posisi Menyusui yang Tepat

Menjadi pengetahuan umum bahwa gas yang terjebak di perut si Kecil adalah akibat dari posisi menyusui yang kurang tepat. Untuk mendapatkan posisi yang tepat, Mama memang harus bereksperimen. Posisi terbaik adalah yang dapat membuat Mama dan si Kecil nyaman, sekaligus mengurangi resiko udara masuk ke perut.

Berikan Pijatan agar Bersendawa

Cara selanjutnya menenangkan bayi rewel malam hari adalah dengan memberikan pijatan lembut. Pijatan di bagian punggung, di kaki dan tangannya, bisa membantu mengeluarkan gas yang terjebak di area perut dan membuat si Kecil bersendawa.

Menggunakan berbagai perlengkapan bayi yang berkualitas juga bisa membantu menenangkan si Kecil. Mengapa? Karena peralatan ini akan membuat si Kecil bisa beristirahat dengan baik, sehingga mengurangi resikonya rewel di malam hari. Melalui mamasewa.com, Mama bisa menemukan berbagai peralatan bayi berkualitas dengan harga terjangkau. Jadi, segera kunjungi laman produknya, dan dapatkan semua peralatan bayi yang Mama butuhkan.

Tinggalkan Balasan