mainan bayi 6 bulan
Baby photo created by azerbaijan_stockers – www.freepik.com

Melihat Si Kecil sudah mulai bisa bermain di usia 6 bulan memang bikin Mama gemes sendiri. Mama mungkin merasa baru kemarin ia lahir, baru bisa digendong dan si Kecil belum bisa ngapa-ngapain. Tetapi seiring berjalannya waktu, sekarang ia menjadi bayi kecil yang selalu waspada, ingin tahu, bahkan senyum kalau dibecandain, suka ngoceh, dan suka mencoba hal-hal baru. Untuk mendukungnya, Mama dapat memberikan mainan bayi 6 bulan yang tepat.

Bermain dengan anak penting untuk menemani pertumbuhan usianya. Terutama saat bayi bertransisi dari bayi baru lahir ke usia menuju batita dan balita. Bayi di seputar usia ini menyukai interaksi dengan dunia di sekitar mereka. Sehingga, bermain tidak hanya menyenangkan tapi juga baik untuk membangun keterampilan fisik, kognitif, serta kecerdasan sosial dan emosional.

Daftar Lengkap Mainan Bayi 6 Bulan

1. Boneka bernyanyi

People photo created by freepik – www.freepik.com

Bernyanyi, bermain, dan menari bersama boneka lucu akan membantu Si Kecil belajar mengucapkan kata-kata pertama, merangsang perasaan, emosi, hingga belajar berhitung, dan mengenal warna. Pastikan Mama memberikan mainan dari bahan yang aman buat bayi. Jangan ada bagian yang terlepas dan berisiko tertelan. Selain itu, pilihlah ukuran boneka sedang sehingga Si Kecil nyaman saat bermain.

2. Mainan bayi 6 bulan: Cangkir susun berwarna

Cangkir berwarna merupakan mainan bayi 6 bulan edukatif yang bisa ditumpuk, dituang, dan diisi dengan berbagai benda. Setiap cangkir biasanya memiliki variasi lubang yang berbeda di bagian bawah, sehingga Si Kecil senang mengisinya dengan air, atau bisa juga dengan pasir.

Cangkir susun berwarna ini biasanya berbahan plastik sehingga mudah dibersihkan. Selain itu beratnya cukup ringan, namun cukup kokoh untuk bayi.

3. Sensory balls

Libatkan indera motorik bayi dengan mainan sensory ball. Bisa untuk digulung, digenggam, dilempar, dan dipantulkan. Desain warna cerah dan permukaan yang bergerigi tumpul sangat cocok untuk bayi usia 6 bulan. Ukuran bola yang kecil membuat sensory ball sangat mudah digenggam Si Kecil.

4. Mainan alat musik

Mainan bayi 6 bulan selanjutnya adalah mainan alat musik. Si Kecil pasti sangat tertarik dengan semua mainan yang dapat mengeluarkan bunyi. Baik itu dipencet, dipukul, atau ditekan, mainan tersebut akan mengeluarkan bunyi. Saat bermain musik ini, bayi akan belajar untuk mengenali sumber bunyi berasal, sekaligus merangsang kemampuan motoriknya.

5. Mainan bayi 6 bulan: Activity cube

Bayi 6 bulan dapat menggunakan ototnya untuk meningkatkan keterampilan motorik kasar dan bermain dengan kubus ini. Si Kecil bisa duduk di atasnya, menyusunnya, atau memasukkannya ke dalam lubang yang tersedia. Meskipun direkomendasikan untuk usia 12 bulan ke atas, sebagian besar bayi 6 bulan dapat mulai bermain dengan mainan ini. 

6. Mainan pukul / pencet

mainan bayi 6 bulan ke atas

Melansir dari The Spurce, bayi menyukai mainan pencet-pencet yang ketika ditekan mengeluarkan cahaya atau suara. Biasanya mainan ini berbentuk activity table yang berisi tombol warna-warni yang dapat menarik perhatian bayi. Si Kecil perlu berdiri ketika ia ingin memencet permainan, sehingga otot Si Kecil akan lebih kuat untuk berdiri.

7. Permainan kaca

Cermin juga ternyata bagus dijadikan sebagai mainan bayi. Melansir dari Very Well Family, mainan kaca untuk bayi 6 bulan dapat mengajarkan keterampilan sosial pada bayi. Si Kecil bisa belajar untuk membaca emosi di wajahnya sendiri.

Mama bisa menyediakan cermin yang aman untuk si Kecil, dengan bagian sisi dilengkapi mainan tumpul, sehingga tidak tajam dan berbahaya. Jika ada bagian sudut yang membahayakan, Mama dapat menutupnya dengan plastik.

8. Buku Dongeng

Cara mudah untuk meningkatkan perkembangan Bahasa dan ikatan hubungan dengan Si Kecil adalah mendengarkan Mama membacakan buku dongeng. Dengan mendengarkan kata-kata, Si Kecil akan meniru Bahasa, memahami pengulangan, dan mengembangkan keterampilan sosialnya. 

Pilihlah buku dongeng dengan sedikit tulisan, dan visual yang besar nan lucu. Jangan lupa pilih dengan bahan kayu atau kain supaya tidak mudah sobek saat dimainkan oleh Si Kecil. 

Karena Si Kecil mengalami fase pertumbuhan yang cukup cepat di awal-awal usianya, jadi ia membutuhkan dukungan mainan yang variatif setiap bulan. Tapi Mama tak perlu khawatir, karena Mama bisa sewa saja semua mainan si Kecil di Mamasewa.com. Terdapat banyak pilihan mainan yang bisa Mama pilih untuk Si Kecil. Selain itu, sewa mainan di Mamasewa.com juga terjamin bersih dan higienis, jadi tak perlu ragu lagi Mam!

Tinggalkan Balasan