penambah nafsu makan anak
Baby photo created by cookie_studio – www.freepik.com

Makanan penambah nafsu makan anak diperlukan saat Si Kecil mulai menunjukkan gejala gerakan tutup mulut alias GTM. Kalau sudah GTM begini, si Kecil jadi kelaparan, Mama yang pusing karena takut terjadi apa-apa dengan anak. Apalagi dalam masa tumbuh kembang si Kecil, yang mana nutrisi dan asupan gizi sangat dibutuhkan dan penting bagi tubuhnya.

Tentu, Mama yang pertama kali paling sedih dan panik saat si Kecil kehilangan nafsu makan, bukan? Tapi tak perlu terlalu cemas Mam, karena hal ini proses yang wajar dalam fase tumbuh kembang anak. Mama pun dapat mengantisipasi kalau-kalau si Kecil nggak nafsu makan. Yuk, kenali dulu apa penyebab anak tidak nafsu makan, dan menu makanan apa saja yang bisa membantu menambah selera makan si Kecil!

Penyebab si Kecil Tidak Nafsu Makan

Penyebab anak tidak nafsu makan bermacam-macam. Bisa jadi karena anak sedang tumbuh gigi, sariawan, diare, demam, atau tidak suka dengan makanannya. Alasan lain bisa juga karena si Kecil terlalu banyak makan camilan, seperti permen, cokelat, snack, atau jajanan, yang menyebabkan ia kekenyangan duluan dan kurang nafsu pada menu makanan utama.

Nah, agar Mama nggak bingung lagi kalau si Kecil mengalami fase tidak nafsu makan, Mama bisa berikan makanan penambah nafsu makan anak berikut ini. Simak, ya!

Makanan Penambah Nafsu Makan Anak

makanan penambah nafsu makan anak
Baby photo created by freepik – www.freepik.com

Berikut ini makanan penambah nafsu makan anak yang perlu Mama tahu:

1. Minyak Ikan

Minyak ikan dipercaya sebagai makanan penambah nafsu makan anak. Kandungan omega-3 yang ada pada minyak ikan dapat membuat si Kecil mau membuka mulut dan makan makanan yang Mama tawarkan. Coba selipkan minyak ikan ke dalam menu makanan si Kecil, sebelum Mama menghidangkannya.

Menurut beberapa ahli kesehatan untuk anak, memang masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai dampak minyak ikan terhadap meningkatnya nafsu makan anak. Akan tetapi, Mama masih bisa memberikan minyak ikan pada si Kecil karena baik untuk pertumbuhan dan perkembangan otaknya.

2. Jahe

Jahe adalah bumbu yang biasa Mama gunakan untuk masakan. Nah, kali ini kita tambahkan dalam menu makanan penambah nafsu makan si Kecil, yuk! Mama bisa kreasikan dengan cara menggabungkan ke dalam minuman atau makanan kesukaan si Kecil.

Selain menambah nafsu makan anak, jahe juga dipercaya mampu mengatasi perut kembung, mual, atau muntah.

3. Makanan Penambah Nafsu Makan Anak dari Kacang-kacangan

menu makanan penambah nafsu makan anak
Food photo created by rawpixel.com – www.freepik.com

Selain minyak ikan dan jahe, Mama juga bisa berikan si Kecil kacang-kacangan untuk menambah nafsu makannya. Misalalnya, Mama dapat mengolahnya jadi menu bubur kacang hijau atau sebagai topping makanan lainnya. 

Beberapa pilihan kacang yang bisa Mama berikan ialah kacang mete, kacang almon, kacang tanah, atau kacang hijau yang kaya akan vitamin, mineral, dan kalsium yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan si Kecil.

4. Kentang

Selain nasi, Mama bisa mengganti sumber karbohidrat dari olahan kentang. Mungkin saja si Kecil bosan dengan makanan yang itu-itu saja. Kuncinya, Mama harus kreatif mengkreasikan berbagai menu menjadi makanan kesukaan si Kecil. Dengan begitu, kemungkinan nafsu makan si Kecil semakin tinggi.

5. Menu Makanan Penambah Nafsu Makan Anak dari Olahan Wortel

Wortel bisa jadi pilihan dalam menu penambah nafsu makan anak. Kandungan vitamin A yang tinggi pada wortel juga sangat baik untuk kesehatan mata si Kecil. Nah, kalau anak kurang suka dengan wortel, Mama bisa membuat kreasi wortel menjadi bakwan, nugget sayur, atau sop ayam yang dicampur wortel. Dengan begitu, si Kecil jadi tidak bosan melahap masakan Mama.

6. Alpukat

Buah alpukat dikenal karena kandungan kalorinya yang tinggi sehingga baik untuk pertumbuhan anak. Tak hanya tinggi kalori, alpukat juga padat nutrisi dengan mengandung 20 jenis vitamin dan mineral serta lemak tak jenuh.

Alpukat juga bisa dikreasikan dengan berbagai bahan makanan lainnya sehingga Si Kecil tidak bosan memakannya. Mama bisa mengkreasikan alpukat menjadi berbagai menu penambah nafsu makan Si Kecil. Misalnya, jus alpukat, alpukat kocok, salad, dan roti bakar isi alpukat. Pasti Si Kecil suka karena rasa alpukat yang gurih dan teksturnya yang mudah dikunyah.

Selain memberikan makanan di atas, Mama juga bisa memberikan makanan kesukaan Si Kecil. Kalau anak lebih suka makan gorengan, jangan lupa tambahkan sayuran supaya asupan nutrisinya tetap terjaga. Usahakan jangan melakukan apa pun selain fokus pada makanan saat waktu makan tiba. Hal ini untuk melatih fokus Si Kecil agar tidak terbagi.
Mama juga bisa menyewa berbagai peralatan makan Si Kecil, seperti high chair, food processor, kursi makan, alat makan, dan berbagai kebutuhan Si Kecil lainnya di Mamasewa.com.

Barang-barang di Mamasewa sudah terbukti kualitasnya, higienis karena dibersihkan terlebih dahulu, harganya terjangkau, menarik perhatian Si Kecil karena lucu-lucu, dan bisa diantar langsung ke rumah. Daripada beli hanya terpakai sebentar, mending sewa aja yuk, Ma!

Tinggalkan Balasan