tanda tanda hamil
Food photo created by onlyyouqj – www.freepik.com

Mengenali tanda-tanda hamil pada usia awal kehamilan sebenarnya jadi yang penting untuk Mama. Hal ini dikarenakan ketika Mama tengah dalam masa kehamilan, Mama perlu meningkatkan kewaspadaan dan beraktivitas dengan hati-hati. Sederhana, tujuannya agar janin yang ada di dalam kandungan bisa tumbuh dengan optimal dan meminimalisir resiko terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Memang secara umum tanda-tanda hamil yang paling dipercaya masyarakat adalah keterlambatan jadwal datang bulan atau menstruasi. Ketika hal ini terjadi, biasanya orang akan langsung mengasumsikan bahwa Mama tengah hamil. Namun faktanya, tanda-tanda hamil muda tidak hanya dapat dilihat dari jadwal menstruasi yang terlambat saja.

Tanda-Tanda Hamil Muda Lain

Ada beberapa tanda-tanda hamil muda yang lain yang juga bisa menjadi indikasi awal terjadinya kehamilan. Tentu saja, tanda-tanda ini juga bukan merupakan satu kepastian, untuk mendapat konfirmasi jelas, Mama tetap diarahkan untuk memeriksakan diri ke dokter atau menggunakan alat tes kehamilan.

1. Terjadi Perubahan Di Payudara Mama

tanda tanda hamil
Family photo created by wayhomestudio – www.freepik.com

Ketika tubuh seorang wanita mengalam kehamilan, terdapat perubahan hormon yang masif. Hal ini akan nampak pada bagian payudara Mama, yakni terasa lebih padat, lebih sensitif, dan terasa lebih kencang. Bersamaan dengan itu, akan nampak pembuluh darah yang lebih jelas di permukaan kulit payudara.

2. Peningkatan Kadar Hormon Progesteron

Salah satu hormon yang meningkat jumlahnya adalah hormon progesteron. Hormon ini menyebabkan Mama merasa mudah lelah, terutama pada usia 3 bulan pertama kehamilan. Asupan nutrisi yang cukup setiap hari bisa jadi solusi atas keluhan ini.

3. Tanda-Tanda Hamil Muda : Indera Penciuman Lebih Sensitif

Tanda-Tanda Hamil

Efek lain dari perubahan hormon secara masif yang dialami tubuh Mama adalah meningkatnya sensitivitas indera penciuman. Bau-bauan terasa lebih kuat dan menyengat, bahkan tak jarang membuat Mama merasa mual atau pusing.

Baca Juga :  Penting! Ini 5 Persiapan Melahirkan yang Harus Dilakukan Bumil

4. Proses Pencernaan Melambat

Kehamilan juga membuat tubuh Mama mencerna makanan lebih lambat daripada biasanya. Efek utama dari penurunan kecepatan pencernaan adalah menjadikan pola buang air besar Mama berubah. Mama perlu waspada pada resiko konstipasi atau sembelit, jadi perbanyak asupan buah dan sayur ya!

5. Perubahan Mood Mendadak

Tanda-Tanda Hamil 3

Hampir sama seperti pengaruh perubahan hormon ketika mengalami menstruasi, Mama juga akan mengalami perubahan mood mendadak ketika tengah hamil. Hal ini bisa jadi satu indikasi bahwa Mama tengah mengandung.

6. Munculnya Bercak Darah Bisa Jadi Tanda-Tanda Hamil Muda

Bukan bercak darah seperti ketika awal menstruasi, namun lebih kepada bercak dalam jumlah sedikit yang muncul sebagai tanda sel telur yang sudah dibuahi sel sperma. Memang sulit diidentifikasi secara pasti, namun bisa jadi hal ini adalah tanda awal kehamilan.

7. Penambahan Jumlah Cairan Tubuh

tanda tanda hamil
Water photo created by diana.grytsku – www.freepik.com

Kembali pada pengaruh perubahan hormon yang masif, Mama juga akan buang air kecil lebih sering ketika masa awal kehamilan. Hormon yang berubah membuat jumlah cairan tubuh meningkat, sehingga perlu dikeluarkan secara lebih sering.

8. Kehilangan Nafsu Makan

Tanda-tanda hamil muda juga bisa dilihat dari menurunnya nafsu makan secara drastis. Hal ini menjadi masalah yang cukup tricky, karena pada waktu bersamaan Mama memerlukan banyak asupan nutrisi untuk tumbuh kembang janin. Tetap berikan asupan dengan makanan ringan kaya nutrisi ya Mama!

Cukup banyak ya ternyata Mama? Meski demikian sekali lagi ditekankan, ketika mengalami salah satu dari yang disebutkan di atas, tidak selalu berarti Mama tengah hamil karena bisa juga disebabkan gangguan kesehatan lainnya. Pastikan dengan alat tes kehamilan atau dengan berkonsultasi dengan dokter  terkait.

Baca Juga :  Kelebihan Pompa ASI Medela

Pantangan-Pantangan Hamil Muda

Tanda-Tanda Hamil

Selain tanda-tanda hamil, ketika Mama hidup di tengah masyarakat Indonesia juga tak akan lepas dari mitos dan ‘kata orang tua’. Ya, tidak sedikit pantangan hamil muda yang kemudian harus diperhatikan demi optimalnya tumbuh kembang si Kecil. Meski demikian, tidak ada salahnya juga memperhatikan pantangan dan kata-kata dari orang yang lebih tua ‘kan? Yang terpenting adalah si Kecil bisa tumbuh dan berkembang dengan baik, dan tentu saja, selamat hingga ia lahir ke dunia.

1. Pantangan Hamil Muda Pertama, Diet

Mengatur asupan makanan untuk mengendalikan berat badan memang baik, namun dalam masa kehamilan hal ini sebaiknya tidak dilakukan. Pantangan hamil muda yang pertama ini diberikan agar asupan nutrisi untuk janin tetap bisa tercukupi.

2. Jangan Melakukan Aktivitas Berat

Aktivitas yang terlalu berat bisa meningkatkan resiko terjadinya hal yang tidak diinginkan. Ada baiknya Mama menghindari aktivitas seperti ini, bahkan olahraga sekalipun, sebisa mungkin pilih yang sifatnya ringan.

3. Konsumsi Makanan Mentah, Pantangan Hamil Muda Ketiga

Pantangan hamil muda yang selanjutnya adalah menghindari konsumsi makanan mentah, seperti sushi  dan sejenisnya. Pantangan ini diberikan agar resiko infeksi bakteri dapat ditekan sehingga si Kecil bisa tumbuh dengan optimal.

4. Stres, Merokok, dan Alkohol

Bahkan pada tubuh yang tidak dalam masa kehamilan pun, ketiga hal ini sangat direkomendasikan untuk dihindari. Terlebih pada kondisi hamil, tubuh Mama perlu benar-benar dijaga kesehatannya agar dapat menjadi tempat tumbuh yang baik untuk janin. Stres berlebihan dapat berpengaruh langsung pada tumbuh kembang janin lho Mama, jadi usahakan untuk tetap bahagia ya.

Menyimak tanda-tanda hamil muda seperti yang disampaikan di atas semoga bisa membantu Mama mengidentifikasi sedini mungkin. Untuk keperluan si Kecil nantinya, Mama tak perlu repot memikirkan hal tersebut. Mama bisa mendapatkan semua yang dibutuhkan pada mamasewa.com, dengan harga yang bersaing dan kualitas produk terbaik.

Baca Juga :  Merangsang Kemampuan Bayi Merangkak, Ini Ulasannya

Leave a Reply