Salah satu momen menenangkan dan sangat ditunggu oleh para Ayah dan Bunda adalah ketika si Kecil tertidur pulas. Anda bisa beristirahat dengan tenang tanpa takut mendapat permintaan si Kecil untuk menemani bermain atau tiba-tiba menangis. Sayangnya, hal ini akan sulit didapatkan jika si Kecil bosan di rumah apalagi jika tidak kemana-mana. Seharian pun bisa menjadi hari yang menantang untuk Anda!

Ya, pada dasarnya, si Kecil sangat mudah bosan. Ini adalah hal yang sangat alamiah bahkan menguntungkan. Penelitian ternyata menunjukkan bahwa kebosanan pada anak merupakan hal yang bagus karena mengasah imajinasi dan kreativitas anak, lho! Kebosanan juga berarti anak ingin selalu belajar hal baru terutama mengenal dunia lebih luas.

Selain itu, kebosanan pada anak memiliki manfaat lain:

  1. Membantu anak membangun kegigihan dan kreativitas untuk membuat diri sendiri tetap terhibur
  2. Meningkatkan kemampuan problem-solving
  3. Anak juga bisa berinteraksi dengan orang lain untuk mengalahkan kebosanan
  4. Kebosanan juga mendorong anak untuk mencoba hal baru dan melatih kepercayaan diri

Sayangnya, masih banyak yang melihat kebosanan pada buah hati sebagai hal negatif. Mulai dari beban pikiran karena anak tidak bisa diam hingga melabeli anak sebagai hiperaktif atau tidak mudah dipuaskan dengan satu aktivitas. Tentu hal itu salah besar, ya! Semua jadi lebih mudah jika kita tahu tipsnya!

  1. Tips anak tidak bosan saat di rumah saja: gunakan playmat menarik

Salah satu penyebab anak bosan adalah tidak adanya hal yang menarik perhatiannya. Siapa yang tidak bosan jika melihat dinding berwarna polos setiap hari? Apalagi jika Ayah dan Bunda sibuk memasak atau menelfon.

Ini tidak akan terjadi jika Anda menyewa playmat dengan motif yang menarik. Anak bisa belajar mengenali objek dalam gambar dan melatih indra peraba dengan tekstur playmat yang unik.

  1. Ajak anak berkreasi seni seperti musik

Kreativitas anak dapat diasah sejak dini, salah satunya adalah musik. Bahkan mendengarkan musik sedari janin juga disarankan, lho! Bermain atau mendengarkan musik bisa melatih kepekaan nada pada si Kecil. Salah satunya dengan bermain piano gym seperti milik Fisher-Price ini. Siapa tahu si Kecil akan menjadi pianis terkenal di kemudian hari!

  1. Menyewa sebuah kolam renang? Ide yang bagus!

Bermain air menjadi hal unik yang sangat digemari oleh anak. Namun, rasanya tentu tidak tega jika kita membiarkan buah hati berlama-lama di bawah air hujan. Bukannya senang, justru membuat Anda kewalahan jika terjangkit flu atau pilek.

Solusinya? Menyewa kolam renang yang bisa dibongkar pasang adalah ide terbaik! Anda cukup memompa kolam dan mengisinya dengan air. Ajak anak untuk belajar berenang atau sekadar merendam diri sembari bermain air. Lihatlah betapa bahagianya wajah mereka!

  1. Buat istana sendiri dengan playroom

Jika ada ruangan lebih, tidak ada salahnya Anda menyewa berbagai peralatan bermain seperti play fenceatau seluncuran mini. Tanpa harus membawa anak Anda keluar menuju mal terdekat, Anda sudah bisa menciptakan sebuah playroom yang unik dan terjangkau tentunya! Anda juga bisa mengawasi anak tanpa harus melewatkan pekerjaan Anda. Bahkan tidak memalukan jika Anda ikut bermain bersama si Kecil!

  1. Ajak si Kecil mengenal warna dengan objek mainan anak yang unik

Bermain juga bisa mengasah identifikasi anak terhadap objek dunia. Anda bisa memulainya dengan mengenalkan warna melalui mainan anak yang bervariasi. Contohnya adalah ELC Buggy Driver yang memiliki banyak warna serta dapat berbunyi jika disentuh. Anda bisa membantu anak menghafalkan warna dan menghiburnya dengan bunyi-bunyian lucu nan menggemaskan!

Leave a Reply